TransJakarta-LinkAja kolaborasi integrasikan pembayaran tiket digital

TransJakarta-LinkAja kolaborasi integrasikan pembayaran tiket digital

Fitur pembayaran digital menggunakan LinkAja dalam aplikasi Tije untuk membeli tiket secara daring, Rabu (7/10/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

kerja sama strategis antara LinkAja dan TransJakarta dapat semakin mendorong kepercayaan dan kebiasaan masyarakat terhadap pembayaran digital
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menggandeng LinkAja menjadi mitra pembayaran digital untuk pembelian tiket layanan TransJakarta via aplikasi Tije sehingga memudahkan warga Jakarta untuk membeli tiket secara daring.

"TransJakarta menyambut baik kolaborasi ini, karena kami sangat mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewujudkan City 4.0 dan urban regeneration yang berbasis sistem transaksi digital, serta teknologi tanpa sentuh untuk menekan penularan COVID-19,” ujar Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT TransJakarta Achmad Izzul Waro dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca juga: MRT Jakarta- TransJakarta setor modal untuk PT ITJ kelola TOD

Kolaborasi antar TransJakarta dan LinkAja ini diharapkan dapat mendorong ekosistem pembayaran nontunai di Ibu Kota mengingat TransJakarta saat ini menjadi penyedia layanan transportasi publik yang hampir mencakup seluruh kawasan di Jakarta.

"Kami harap kerja sama strategis antara LinkAja dan TransJakarta dapat semakin mendorong kepercayaan dan kebiasaan masyarakat terhadap pembayaran digital, sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan harian seluruh kalangan masyarakat," ujar Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja.

Sistem QR Code akan dimaksimalkan dalam integrasi pembayaran digital yang dilakukan oleh TransJakarta dan LinkAja.

Baca juga: Transjakarta beri kemudahan top up tiket melalui aplikasi Tije

QR Code adalah kode matriks atau barcode dua dimensi yang berasal dari kata “Quick Response”. Saat digunakan isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat. QR Code dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan di tahun 1994.

Dibandingkan dengan kode batang biasa, QR Code lebih mudah dibaca oleh pemindai dan mampu menyimpan data baik secara horizontal maupun vertikal.

Pelanggan TransJakarta dapat dengan mudah menggunakan LinkAja di aplikasi Tije, pelanggan harus memilih menu tiket dan tujuan.

Setelah itu pilih pembayaran menggunakan LinkAja, dan pilih menu bayar. Pengguna akan diarahkan ke halaman menu utama, pilih menu Tiketku untuk melihat kode QR yang sudah dibeli, kemudian scan kode QR tiket ke mesin pemindai.

Baca juga: DKI optimistis aplikasi Tije TransJakarta mampu tekan COVID-19

QR Code LinkAja yang ada di aplikasi Tije tidak hanya berfungsi sebagai tiket masuk digital namun juga memiliki manfaat lain untuk melakukan transfer dana ke sesama pelanggan pengguna LinkAja,melacak posisi bus dan waktu tunggu secara real time, hingga memberikan notifikasi bagi pelanggan terkait rencana perjalanan.
LinkAja dapat digunakan untuk mengisi ulang uang elektronik di mesin pengisian otomatis di halte-halte TransJakarta, Rabu (7/10/2020). (ANTARA/HO/Humas TransJakarta)


Selain pada aplikasi Tije, LinkAja juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran digital untuk isi ulang kartu pelanggan di mesin otomatis yang tersedia di 200 halte TransJakarta.

Dengan langkah integrasi pembayaran digital ini, TransJakarta telah menunjukan pihaknya siap melangkah untuk integrasi pembayaran antarmoda transportasi yang nantinya akan dikelola oleh PT Jak Lingko Indonesia.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PT Trans Jakarta luncurkan aplikasi Tije dengan 6 fitur terbaru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar