Warga perbatasan RI-Malaysia disuluh budi daya kambing prajurit TNI

Warga perbatasan RI-Malaysia disuluh budi daya kambing prajurit TNI

Prajurit TNI dari Koramil 02/Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, di perbatasan Republik Indonesia (RI)-Malaysia, Kamis (8/10/2020) memberikan penyuluhan budi daya ternak kambing kepada Kelompok Tani Gaya Baru di Balai Maslimah, Desa Lembang. (FOTO ANTARA/Wati)

Dengan budi daya kambing yang ada juga menjadi alternatif bahwa sumber utama pendapatan petani di sini. Hal itu tentu berujung pada peningkatan kesejahteraan peternak
Pontianak (ANTARA) - Prajurit TNI dari Koramil 02/Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, yang berada di perbatasan Republik Indonesia (RI)-Malaysia memberikan penyuluhan budi daya ternak kambing kepada Kelompok Tani Gaya Baru di Balai Maslimah, Desa Lembang.

”Kita telah memberikan penyuluhan budi daya kambing. Peran serta babinsa TNI dalam pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini adalah sebagai wujud kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Sgl Kopda Simon Matulesi saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan motivasi, dorongan dan ide-ide yang bermanfaat guna berkembangnya wilayah setempat dengan harapan semakin banyaknya masyarakat yang produktif akan tercipta lapangan kerja bagi warga sekitar.

“Besar harapan dalam semua langkah itu akan turut mengurangi jumlah angka pengangguran yang ada. Kemudian dengan budi daya kambing yang ada juga menjadi alternatif bahwa sumber utama pendapatan petani di sini. Hal itu tentu berujung pada peningkatan kesejahteraan peternak," katanya.

Dalam kegiatan penyuluhan turut dihadiri Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkayang, Kumas, Kabid Peternakan Hewan drh Dedy, Camat Sanggau Ledo, Arif Rahman Hakim, Kades Lembang , Andri Yusriadi, Kepala BPP Sanggau Ledo Nyata, penyuluh pertanain lapangan (PPL) Desa Lembang Prenky dan Ketua Kelompok Tani (Kapoktan) Gaya Baru, Santa.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkayang, Kumas sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan penyuluhan budi daya kambing yang berikan oleh pihak TNI.

"Kami sangat menyambut baik dan apresiasi penyuluhan tersebut. Peternak tentu butuh informasi atau pengetahuan soal budi daya sehingga bisa meningkatkan produksi atau hasil yang baik dari apa yang diusahakannya," katanya.

Sementara itu juga, Ketua Poktan Gaya Baru, Santa mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah menyasar kelompoknya dalam memberikan penyuluhan bagi anggotanya untuk budi daya peternakan kambing itu.

"Penyuluhan ini sangat kami butuhkan sehingga dalam budi daya ini kami bisa maksimal dan dengan harapan peternak bisa menghasilkan kambing yang baik dan produksi tinggi," katanya.

Baca juga: Koramil Sanggau Ledo ikut dampingi sekolah tatap muka di perbatasan

Baca juga: Koramil 1202/Bengkayang patroli ingatkan warga jaga kesehatan

Baca juga: TNI perbatasan gelar sunatan massal untuk warga Bengkayang

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bangunan gereja untuk warga kampung Kufu di perbatasan RI-PNG

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar