Saham Aussie catat rekor kenaikan beruntun terpanjang sejak awal Juli

Saham Aussie catat rekor kenaikan beruntun terpanjang sejak awal Juli

Seorang pekerja terlihat di antara layar monitor pergerakan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/Stringer/am.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Aussie berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis, terangkat untuk hari keempat berturut-turut dan mencatatkan rekor kenaikan terpanjang sejak awal Juli.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 65,80 poin atau 1,09 persen menjadi 6.102,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 66,40 poin atau 1,06 persen pada 6.306,00 poin.

"Penggerak hari ini boleh jadi dukungan yang kuat dari Wall Street setelah Presiden Trump mendorong Kongres untuk meloloskan sejumlah rancangan undang-undang stimulus fiskal mandiri," kata analis pasar CommSec, Steven Daghlian.

Baca juga: Saham Australia dibuka menguat dipimpin sektor material

Keuntungan tersebar luas di pasar lokal. Sektor keuangan dan material kelas berat masing-masing meningkat 1,2 persen dan 1,5 persen.

Saham-saham teknologi dan perawatan kesehatan juga membantu mendorong keuntungan pasar, keduanya melonjak lebih dari 2,5 persen.

Di sektor keuangan, bank-bank besar menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,80 persen, National Australia Bank naik 0,86 persen, Westpac Bank naik 1,46 persen dan ANZ naik 1,26 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 2,15 persen, Rio Tinto naik 1,97 persen dan Fortescue Metals naik 1,61 persen. Namun, penambang emas Newcrest justru turun 0,33 persen.

Baca juga: Saham Aussie ditutup melonjak setelah anggaran federal meningkat

Produsen-produsen minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 1,05 persen, Santos turun 0,40 persen dan Woodside Petroleum turun 0,49 persen.

Supermarket terbesar Australia bervariasi dengan Coles turun 0,51 persen, dan Woolworths naik 0,40 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra terpangkas 1,06 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas jatuh 1,61 persen dan perusahaan biomedis CSL melonjak 2,43 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar