PDIP imbau parpol dan paslon jadi pelopor penerapan protokol kesehatan

PDIP imbau parpol dan paslon jadi pelopor penerapan protokol kesehatan

Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTT, Emanuel Kolfidus. (ANTARA/Bernadus Tokan)

Kupang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Nusa Tenggara Timur (NTT) mengimbau parpol dan pasangan calon peserta Pilkada Serentak 2020, untuk menjadi pelopor dalam penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada.

"Parpol dan paslon juga diharapkan menjadi pelopor dalam menciptakan ruang kampanye edukatif, untuk membantu menurunkan mata rantai penularan COVID-19, kata Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTT, Emanuel Kolfidus, di Kupang, Kamis.

Baca juga: Pengamat: Pastikan tahapan Pilkada dilakukan dengan prokes ketat

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan peran partai sebagai pengusung pasangan calon dalam Pilkada Serentak 2020 di NTT, dalam mendukung kampanye aman dan bebas dari COVID-19.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini belum ada vaksin atau obat yang benar-benar secara khusus berfungsi mencegah COVID-19.

Sementara angka penularan secara nasional masih tinggi, demikian halnya, di NTT angka kasus konfirmasi positif masih tinggi.

Baca juga: Bawaslu ingatkan pentingnya penggunaan masker pada tahapan kampanye

Di tengah-tengah situasi pandemi, pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 tetap berjalan dengan ketentuan dan kesepakatan untuk menerapkan dengan sangat disini protokol kesehatan COVID-19.

"Karena itu, kita himbau parpol dan pasangan calon untuk menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan, menciptakan ruang kampanye edukatif untuk membantu menurunkan mata rantai penularan COVID-19," katanya.

"Taati aturan kampanye yang telah digariskan oleh KPU dengan pengawasan KPU agar kegiatan politik sekaligus merupakan kegiatan edukasi kesehatan kepada rakyat," katanya.

Dia juga mengimbau parpol dan pasangan calon untuk menciptakan kreasi pola kampanye yang tidak mengumpulkan massa, namun tetap efektif untuk kepentingan elektoral.

Baca juga: KPU terus sosialisasikan protokol kesehatan kampanye pilkada

"Kami yakin, rakyat akan memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan dan sudah tentu akan memilih mendukung pasangan calon yang bergotong royong menggunakan panggung kampanye sebagai kesempatan melawan COVID-19," katanya.

Dengan disiplin yang tinggi kita akan meraih dua hasill sekaligus, yakni hasil politik dan hasil kesehatan.

"Menang Pilkada sekaligus menang atas COVID-19. Ini bukan sesuatu yang mudah, butuh kesabaran dan kerelaan, tapi akan sukses jika dilaksanakan secara konsisten," kata Sekretaris Komisi V DPRD NTT itu.
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar