Kami siapkan tes usap cepat antigen
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat proaktif mengecek kesehatan personelnya, khususnya mereka yang bertugas di lapangan guna mengantisipasi kemungkinan terpapar COVID-19.

"Kami siapkan tes usap cepat antigen untuk mengecek adanya paparan virus Corona tiap selesai pengamanan," kata Kepala Urusan Kesehatan Polres Jakbar dr Meika Yusuf Wibowo di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, tes tersebut diadakan setiap pekan kepada seluruh personel Polres Metro Jakarta Barat, termasuk menyediakan fasilitas isolasi bagi yang terpapar. 

Meika mengatakan sampai saat ini belum ada personel yang terindikasi positif Covid-19.

Saat ini, anggota Polres Metro Jakarta Barat terkonsentrasi di lapangan. Sehingga, pihaknya menunggu keputusan pimpinan untuk tes usap cepat setelah situasi kondusif.

“Mungkin nanti akan diadakan seperti itu,” ujar dia.

Tes usap cepat dilakukan dengan pengambilan sampel spesimen dari nasofaring. Hasilnya dapat dilihat kurang dari satu hari.

Meika mengatakan hal itu untuk mengantisipasi adanya penularan virus kepada sesama personel hingga keamanan bagi keluarganya.

Sebelumnya, tiga dari sebanyak 93 pendemo terjaring di lampu merah Tomang terindikasi positif COVID-19 setelah dilakukan tes usap di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis.

Tes usap terus dilakukan seiring datangnya jumlah pendemo yang berdatangan ke kawasan Jakarta Barat tanpa seragam kerja atau embel-embel serikat buruh.

"Kita amankan di sekitar Tomang. Ternyata setelah diperiksa oleh petugas, dari 96 yang diamankan petugas mendapati kembali tiga peserta ikut demo positif COVID-19," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Satu pendemo yang terjaring di Tomang terindikasi COVID-19


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020