Jakarta (ANTARA) - Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Benny K Harman mengatakan video dirinya mendukung Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker) saat masih proses pembahasan, merupakan editan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Itu editan yang dipotong sepenggal-penggal," kata Benny kepada Antara di Jakarta, Kamis.

Benny kemudian mengirimkan sebuah video terkait pernyataannya saat pembahasan oleh Baleg, Panja RUU Cipta Kerja dengan durasi 8.38 menit.

Dalam video itu Benny menyoroti terkait klaster ketenagakerjaan dalam RUU Ciptaker yang belum bisa menjawab persoalan dalam sektor tersebut. Karena itu dia meminta tidak dilanjutkan pembahasan RUU Ciptaker khususnya klaster ketenagakerjaan.

Baca juga: Polisi tangkap 80 orang terkait kericuhan unjuk rasa di Kota Malang
Baca juga: Investor global yang kritik Omnibus Law tidak investasi di Indonesia
Baca juga: Bamsoet minta kader Golkar sosialisasikan pemahaman benar RUU Ciptaker


Benny mewakili Fraksi Demokrat dalam kesempatan itu menyatakan menolak klaster ketenagakerjaan dimasukan dalam RUU Cipta Kerja dan akan berjuang hingga pengambilan keputusan di Rapat Paripurna.

"Oleh sebab itu saya kembali menyampaikan sikap kami semalam, karena ini sensitif ketenagakerjaan, kami mohon untuk tidak dilanjutkan pembahasannya, tapi apabila teman-teman juga memutuskan untuk melanjutkan itu tentu hak, UU MD3 mengatur semua mekanisme pengambilan keputusan, ada mekanisme pengambilan keputusan, karena itu nanti untuk tidak menghalang-halangi teman kami persilakan, silakan dilanjutkan pembahasan DIMnya, tapi fraksi kami menolak untuk klaster tenaga kerja ini masuk ke dalam RUU ini. Kalau toh dilanjutkan mohon berkenan untuk tetap kami bawa di dalam mekanisme pengambilan keputusan, sesuai dengan tingkatan-tingkatan pengambilan keputusan, sampai di rapat paripurna itulah titik penghabisan perjuangan kami," kata Benny dalam video tersebut.

Sementara itu dalam video yang beredar di media sosial berdurasi 1.42 menit saat rapat Baleg, Panja RUU Cipta Kerja di Hotel Novotel, Benny mewakili Fraksi Partai Demokrat menyampaikan tentang dukungan terhadap RUU Cipta Kerja.

"Saya e... ingin menyampaikan yang pertama sekali dukungan dan e...pernyataan kami terhadap e...kesungguhan pemerintah untuk memperbaiki khususnya ekosistem investasi, perbaikan birokrasi meningkatkan pelayanan, penegakan hukum, keadilan, komitmen terhadaplingkungan hidup dan juga ketahanan bangsa, yang kami cermati menjadi spiritualitas utama Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja ini, jadi kami mewakili Partai Demokrat mendukung sepenuhnya. Kami mengamati ada hal yang luar biasa yang kami anggap sebagai bentuk kesungguhan pemerintah," katanya dalam video tersebut.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020