Kemarin, demo Ciptaker hingga gedung bioskop Senen dibakar massa

Kemarin, demo Ciptaker hingga gedung bioskop Senen dibakar massa

Pengunjuk rasa berlari di samping fasilitas umum yang terbakar saat demo menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Unjuk rasa tersebut berakhir ricuh dan mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA) - Beragam berita dan peristiwa di Kota Metropolitan Jakarta terjadi pada Kamis (8/10) mulai dari demo penolakan Undang-Undang tentang Cipta lapangan Kerja hingga gedung bioskop tua di Senen dibakar oleh massa.

Berikut Redaksi Metropolitan Kantor Berita LKBN ANTARA merangkum berita kemarin yang masih relevan untuk dibaca Jumat ini. Klik selengkapnya untuk membaca lebih lanjut

1. Demo buruh, Polisi alihkan lalu lintas di sekitar Istana Merdeka

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengalihkan arus lalu lintas kendaraan di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta guna mengantisipasi demo buruh menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

"Pengalihan kendaraan bersifat situasional untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

2. Polda Metro temukan ajakan demo kepada pelajar

Anggota Polda Metro Jaya menemukan pesan berantai terkait ajakan aksi unjuk rasa kepada para pelajar dan remaja untuk menolak Undang-Undang Cipta Kerja di Jakarta.

"Jadi ada beberapa yang nyata untuk berunjuk rasa. Tapi kami juga amankan beberapa orang massa tidak dikenal, remaja-remaja tanggung," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini
Api membakar sejumlah sepeda yang merupakan fasilitas umum saat demo menentang UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (8/10/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

3. Jumat dini hari, bekas bioskop di Senen masih dalam upaya pemadaman

Para petugas pemadam kebakaran yang didukung 30 unit mobil pemadam masih berupaya memadamkan api yang melalap bangunan bekas bioskop Grand Theater di kawasan Senen, Jakarta Pusat, hingga Jumat dini hari.

Menurut petugas komunikasi Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Agus, yang dihubungi di Jakarta, Jumat dini hari, kebakaran dipicu oleh ulah sejumlah peserta aksi penolakan UU Cipta Kerja yang melakukan pembakaran, Kamis (8/10) malam.

Selengkapnya di sini

4. Aksi rusuh, Anies siapkan Rp25 miliar perbaikan fasilitas Pemprov

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan anggaran sekitar Rp25 miliar untuk memperbaiki fasilitas milik Pemprov DKI Jakarta yang dirusak massa demonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

"DKI yang akan membiayai, tadi sudah diprediksi sudah dihitung kira-kira (butuh) Rp25 miliar," kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini
Pengemudi ojek daring membantu seorang pengendara mengevakuasi sepeda sewaan saat demo mahasiswa pecah di Kolong Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis malam (8/10/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)
5. Diduga terlibat kericuhan, Polda Metro amankan seribu perusuh

Polda Metro Jaya telah mengamankan hampir seribu perusuh yang diduga terlibat dalam bentrokan dengan petugas kepolisian dan perusakan sejumlah fasilitas umum di Jakarta.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan orang yang diamankan tersebut merupakan kelompok Anarko yang mencoba memancing keributan.

"Sudah hampir seribu yang kita amankan, itu adalah Anarko-anarko, perusuh itu," kata Yusri saat dikonfirmasi, Kamis.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komunitas Myanmar di Jepang protes penahanan Aung San Suu Kyi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar