"Belief System" Kunci Keberhasilan Hidup

Banda Aceh (ANTARA News) - Konsultan Pengembangan Pribadi, Ferdy Surya CHt mengatakan, "Belief System" yaitu sesuatu yang diyakini mempengaruhi jalan kehidupan adalah kunci keberhasilan hidup.

"Jika ingin ada perubahan dalam hidup harus ada `belief system`," katanya dalam seminar remaja dengan tema "Wake Up Your Mind" di Banda Aceh, Kamis.

Dalam seminar yang dihadiri puluhan siswa-siswi SMA itu, Ferdy mengatakan ada dua "belief system" yaitu yang membantu memberi manfaat dalam hidup dan ada yang menghambat jalan hidup.

Menurutnya, yang membantu dan menjadi kunci sukses hidup adalah "belief system" yang positif yaitu pemikiran yang positif sedangkan "belief system" negatif adalah pemikiran yang selalu negatif.

Dia mencontohkan, seseorang diketahui memiliki "belief system" yang negatif dari perkataannya yang selalu mengeluh. Artinya "belief system" yang negatif sedang bekerja.

"Misalnya kita sejak awal sudah merasa tidak akan lulus Ujian Nasional, pemikiran negatif ini sudah merasuki dan kita akan kesulitan dalam menghadapi UN," katanya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, pikiran sadar setiap orang hanya sepuluh persen yaitu logika dan untuk mengambil keputusan sehari-hari. Sedangkan pikiran bawah sadar yang memegang seluruh fungsi kerja tubuh secara otomatis mencapai 90 persen.

Pikiran bawah sadar selalu lebih kuat yaitu kebiasaan baik maupun buruk, emosi, memori jangka panjang, intuisi, kepribadian, kreativitas serta keyakinan (belief system).

"Kita akan lebih percaya jika melihat pikiran bawah sadar seseorang bekerja tanpa sadar misalnya dia mengatakan sangat senang tapi dengan wajah sedih," tambahnya.

Dia menegaskan bahwa untuk mendapatkan kunci sukses hidup adalah pilihan setiap orang yaitu dengan selalu berpikir positif dalam menjalani kehidupan.
(D016/R009)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar