Jakarta (ANTARA) - Tembok adalah salah satu area rumah sering diabaikan kebersihannya, padahal virus dan mikroba juga bisa nempel dan bertahan hidup pada tempat tersebut.

Dalam kondisi pandemi seperti saat ini, virus corona dapat menyebar dengan mudah salah satunya melalui sentuhan tangan yang bisa menempel pada gagang pintu, permukaan furnitur, sakelar listrik, remot TV, handphone, atau tembok rumah dan kemudian tersentuh.

Lalu jika tangan tersebut memegang mata, hidung, atau mulut, maka virus akan masuk ke saluran tubuh.

"Khusus dinding atau tembok, virus corona dapat bertahan hidup dalam kisaran 2 jam hingga 9 hari. Hal tersebut bergantung pada suhu, kelembapan, dan paparan sinar matahari hingga sirkulasi udara pada ruangan," kata dokter spesialis paru RSU Adhyaksa dr. Ahmad Muslim Nazaruddin, Sp.P. FERS melalui keterangan resminya, Jumat.

Baca juga: Lawan Covid-19, Nippon Paint luncurkan Anti Virus Kids Paint

Baca juga: Nippon Paint jadi cat pilihan pameran di Museum Macan


Melihat hal tersebut, Nippon Paint mengembangkan rangkaian cat/pelapis dengan SILVER-ION sebagai anti-mikroba. Teknologi ini telah diuji pada awal 2020 oleh Analytical Lab Group (ALG) – laboratorium independen berstandar global terhadap Human Coronavirus, ATCC VR-740, strain 229E.

Hasil tesnya menunjukan bahwa teknologi Silver-Ion memiliki efektivitas 99,9 persen dalam mematikan virus setelah kontak dengan lapisan cat yang mengandung teknologi tersebut.

​​​Cara kerja Silver-Ion yang diformulasikan secara khusus sebagai anti virus dan anti bakteri memiliki tahapan seperti penetrasi ke dalam virus atau bakteri, menghentikan reproduksi, mematikan metabolisme, lalu menghancurkan mikroorganisme tersebut. Daya antimikroba pada Silver-Ion ini bertahan lama sehingga senyawa tersebut efektif dalam melawan kuman.

"Teknologi Silver-Ion dalam produk Nippon Paint bukanlah zat aditif (penambah) seperti cat lainnya, tetapi terformulasi khusus dalam bahan cat. Silver-Ion ini tetap bekerja aktif sebagai anti-virus dan anti-bakterinya selama lapisan cat menempel di dinding," ujar CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan.

Teknologi Silver-Ion hadir pada serangkaian cat kesehatan seperti Nippon Spot-less Plus, Vinilex Anti-Kuman dan yang terbaru Nippon Paint VirusGuard sebagai cat anti-virus pertama di Indonesia.

Rangkaian cat kesehatan ini aman bagi keluarga dan ramah lingkungan, rendah VOC, tidak berbau dan hadir dalam ratusan pilihan warna.

Baca juga: Perindah rumah, permintaan cat meningkat jelang Lebaran

Baca juga: Formula cat tembok dari sabut kelapa ditemukan mahasiswa UNY
​​​​​

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020