Jakarta (ANTARA) - Jack Miller memimpin catatan waktu sesi latihan bebas kedua Grand Prix Prancis di Sirkuit Le Mans, Jumat.

Setelah sesi latihan pembuka dengan trek yang benar-benar basah, para pebalap disambut hujan di sesi latihan kedua.

Namun, Miller menantang kondisi yang cukup menantang itu dengan ban slick dan membuktikan itu merupakan pilihan terbaik di sesi siang.

Para pebalap lainnya mengikuti langkah jagoan tim Pramac Racing itu dan situasi trek membaik hingga sesi 45 menit itu berakhir.

Kondisi trek menyebabkan sejumlah pebalap terjatuh di pengujung sesi, seperti Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso yang mengalami lowside di chicane pertama, sementara pemuncak FP1 Bradley Smith terpelanting dari motornya di Tikungan 11.

Baca juga: Smith bawa Aprilia puncaki FP1 GP Prancis

Upaya terakhir Miller membawanya ke puncak dengan catatan satu menit 34,133 detik, mengungguli rival terdekatnya, Maverick Vinales, yang terpaut 0,367 detik di peringkat kedua. Takaaki Nakagami membawa Honda finis P3, demikian laman resmi MotoGP.

Sementara pebalap tuan rumah Johann Zarco finis keempat setelah mengalami sejumlah kendala teknis dengan motor Ducatinya.

Valentino Rossi dan Danilo Petrucci melengkapi peringkat enam besar.

Cal Crutchlow membawa motor LCR Honda kedua di P7 setelah catatan waktunya jelang bubaran mampu menggeser Alex Marquez ke P8, hingga Franco Morbidelli dan Pol Espargaro mengambil dua slot terakhir di peringkat 10 besar.

Jika hujan turun kembali pada FP3, Sabtu, duet Suzuki Joan Mir dan Alex Rins demikian juga pemuncak klasemen Fabio Quartararo mungkin harus melewati Q1 di kualifikasi karena terlempar dari sepuluh besar di FP2.

Sedangkan Dovizioso, setelah terjatuh, mendapati posisinya di P19 di FP2.

Baca juga: Dovizioso terbuka untuk peran test rider tahun depan
Baca juga: Enam engineer Yamaha lewatkan GP Prancis setelah satu positif COVID-19

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020