Jakarta (ANTARA) - Tim NSH Jakarta tetap meneruskan program latihan meskipun lanjutan kompetisi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2020 yang sedianya digelar 13-27 Oktober telah dibatalkan.

“Anak-anak tetap latihan seperti biasa,” kata Manajer NSH Yusuf Arlan Ruslim dalam laman resmi IBL dikutip Jumat.

NSH bisa dibilang menjadi klub yang cukup dirugikan dengan pembatalan tersebut. Pasalnya, sebelum kompetisi tertangguhkan pada Maret lalu, tim asuhan A.F. Rinaldo itu sedang berada di puncak klasemen sementara.

Baca juga: Hangtuah kecewa IBL 2020 dibatalkan
Baca juga: Dirut IBL jelaskan keputusan batalkan kelanjutan musim 2020


Sepanjang musim ini, NSH Jakarta tampil dominan lewat dukungan tiga pemain impornya, yakni Michael Glover, Jordan Madrid Andrews, dan Dashaun Wiggins. NSH bahkan difavoritkan meraih gelar juara IBL musim ini.

Meski demikian, NSH, menurut Arlan, legawa dengan keputusan pengelola liga. Dia memahami kondisi saat ini yang tak memungkinkan melanjutkan kompetisi saat jumlah infeksi akibat virus corona di Indonesia, terutama DKI Jakarta, lokasi rencana kelanjutan IBL, masih jauh dari kata terkendali.

"Prinsipnya kami mendukung IBL, mengingat penyebaran COVID-19 yang masih tinggi," ujar Arlan.

Baca juga: IBL batalkan lanjutan kompetisi musim 2020

Operator IBL sebelumnya memutuskan membatalkan lanjutan kompetisi musim ini dengan alasan grafik kasus infeksi dan kematian akibat COVID-19 di Indonesia masih belum melandai serta tak adanya izin dari kepolisian.

Padahal, rencana IBL untuk kembali menggulirkan liga telah mendapat lampu hijau dan didukung penuh oleh pemerintah melalui surat rekomendasi dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Seluruh persiapan IBL juga sudah matang, termasuk soal protokol kesehatan, tes PCR secara berkala dan sistem gelembung yang bakal diterapkan selama kompetisi berlangsung.

Baca juga: IBL juga siapkan Bandung dan Yogyakarta untuk opsi lanjutan IBL 2020

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020