Jakarta (ANTARA) - Pebalap tuan rumah Fabio Quartararo menemukan kembali kecepatannya untuk catatan waktu latihan bebas ketiga Grand Prix Prancis pada Sabtu.

Sesi FP3 kali ini berlangsung di trek Le Mans yang kering, tidak seperti dua sesi latihan di hari sebelumnya yang basah.

Berbekal sebagai pemuncak klasemen sementara, Quartararo tampil tercepat di antara rival-rivalnya dengan waktu satu menit 32,319 detik di kampung halamannya itu.

Baca juga: Quartararo siap pertahankan keunggulan di Le Mans

Miguel Oliveira dari tim KTM Tech 3 menempel ketat Quartararo setelah finis kedua dengan selisih 0,130 detik.

Rekan Quartararo di Petronas Yamaha, Franco Morbidelli juga cukup cepat di peringkat tiga, diikuti Miller yang mengamankan P4, demikian laman resmi MotoGP.

Semua pebalap memperbaiki catatan waktunya di sesi latihan yang kering hari itu, berupaya untuk mengamankan posisi di peringkat sepuluh besar demi tiket langsung ke Q2 babak kualifikasi. Sejumlah pebalap bahkan sempat terjatuh setelah memaksa tunggangannya melaju melebihi limit mereka.

Seperti pebalap Yamaha Valentino Rossi dan Alex Rins dari tim Suzuki yang tergelincir di chicane Dunlop. Kemudian Jack Miller terpelanting dari motor Ducatinya jelang akhir sesi.

Rival terdekat Quartararo pada klasemen, Joan Mir juga terjatuh hari itu.

Baca juga: Miller puncaki FP2 GP Prancis

Cal Crutchlow menjadi pebalap Honda tercepat jelang kualifikasi setelah finis P5 di depan Johann Zarco dari tim Esponsorama Racing dan duet tim pabrikan Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Pebalap Ducati Andrea Dovizioso, yang terjatuh pada sesi latihan Jumat dan finis P19, mendapatkan tiket terakhir ke Q2 setelah finis P10 di belakang Pol Espargaro dari tim KTM Tech 3.

Sepuluh pebalap tercepat setelah FP3 berjarak kurang dari 0,4 detik yang menunjukkan betapa ketatnya persaingan jelang kualifikasi balapan seri kesembilan di kalender itu.

Q1 akan menyaksikan pertarungan ketat antara Mir, Rins, Brad Binder, Francesco Bagnaia, dan Takaaki Nakagami yang terlempar dari sepuluh besar catatan terbaik dari ketiga sesi latihan.

Stefan Bradl masih dimandati oleh Honda untuk menggantikan Marc Marquez yang cedera.

Baca juga: Smith bawa Aprilia puncaki FP1 GP Prancis
Baca juga: Enam engineer Yamaha lewatkan GP Prancis setelah satu positif COVID-19

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020