Bogor (ANTARA News) - Taman wisata The Jungle di Bogor, Jawa Barat, menarik wisatan dengan menggelar festival Barongsai yang diikuti oleh peserta dari berbagai kota dan kabupaten di provinsi itu Sabtu.

Manajer The Jungle Zaki Afifi menjelaskan, kegiatan itu berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 13 hingga 14 Maret 2010.

Festival barongsai juga menampilkan atraksi lainnya seperti liong barong.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program kita dalam menarik wisatawan baik dari Bogor maupun dari luar Jabodetabek," katanya kepada ANTARA.

Selain untuk menarik minat wisatawan, kata dia, festival barongsai tingkat Jabart dilakukan untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Ia mengatakan, kebudayaan barongsai cukup berkembang di Kota Bogor, hal ini terlihat dari banyaknya jumlah sasana barongsai di Kota Bogor.

Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olah Raga Barongsai Seluruh Indonesia (Perbosarin) Kota Bogor Arifin Himawan mengatakan, festival barongsai dan liong tingkat Jabar juga bertujuan untuk mencari bibit-bibit olah raga barongsai dan liong skala nasional dan internasional.

"Potensi olahraga barongsai dan liong di Kota Bogor sangat maju. Buktinya, salah satu atlet barongsai di Kota Bogor dapat meraih juara pertama di Mangga Dua Square," katanya.

Festival tersebut diikuti oleh 14 peserta yang nantinya akan memperebutkan hadiah dan piala dari Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan.

Taman wisata yang terletak di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor dikenal sebagi tempat wisata terbesar se Asia Tenggara.

Kehadiran festival barongsai dan liong barong menambah ramainya suasana di taman wisata itu.

(T.KR-LR/S0265)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010