Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang mulai mengoperasionalkan satu dari tiga jalur sepeda untuk mendukung penggemar sepeda yang diharapkan mampu merangsang kebiasaan hidup sehat guna mengurangi polusi udara.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, Ahad, mengatakan Kota Palembang menjadi salah satu kota metropolitan terbersih di Indonesia sehingga pengadaan jalur sepeda memang perlu diperluas untuk mempertahankan status tersebut.

"Jalur sepeda bisa digunakan setiap hari dan sudah ada rambu khususnya," ujar Harnojoyo saat peluncuran jalur sepeda di Taman Kambang Iwak.

Menurutnya, jalur sepeda yang baru diluncurkan tersebut merupakan jalur ketiga, melewati Jalan Kambang Iwak-Jalan Tasik-Jalan Ki Renggo Wirosantiko-Jalan Kapten A Rivai-Jalan POM IX-Jalan Sumpah Pemuda-Jalan Angkatan 45-Jalan Kapten A Rivai-Jalan Ahmad Dahlan dan Jalan Tasik sepanjang enam kilometer.

Baca juga: Sudinhub Jaksel derek 11 kendaraan parkir di jalur sepeda

Baca juga: Pemkot Palembang memprioritaskan bangun jalur sepeda rute ketiga


Jalur sepeda dioperasionalkan pukul 05.00 WIB-10.00 WIB dan 15.00 WIB-19.00 WIB, ia meminta masyarakat baik pengelola bangunan maupun pengendara agar tidak parkir ataupun menghalangi jalur sepeda selebar satu meter itu saat operasional, karena adanya jalur itu juga untuk menjamin keselamatan para pesepeda.

Jika masih membandel maka kendaraan penghalang jalur sepeda akan ditertibkan Dishub Palembang.

"Pasti ada saja yang masih memarkirkan kendaraan sembarangan di jalur sepeda ini, maka itu kami umumkan penggunaannya hari ini sebagai upaya sosialisasi juga," kata dia.

Selain itu, masih ada jalur sepeda rute pertama sepanjang empat kilometer di wilayah pusat kota dan rute kedua sepanjang 12 kilometer di wilayah Jakabaring yang juga sedang proses pengadaan.

Panjang total jalur sepeda yang direncanakan mencapai 22 kilometer.

"Jalur rute pertama dan kedua, Insyaallah dalam waktu dekat bisa dibuka juga, karena jalur ini dibangun dari dana CSR maka perlu koordinasi dengan pihak ketiga," ujarnya.*

Baca juga: Gairahkan wisata, Yogyakarta siapkan lima jalur sepeda susuri kampung

Baca juga: Kemenhub akan bicarakan soal penyediaan jalur sepeda dengan PUPR

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020