Medan (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Sumatera Utara menegaskan pentingnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dalam upaya mengantisipasi terpapar COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sumatera Utara, Whiko Irwan di Medan, Ahad, mengatakan semua pihak tentunya tidak menginginkan dirinya dan keluarga tertular COVID-di saat jumlah terpapar semakin meningkat.

"Untuk itu marilah mulai saat ini kita laksanakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, selalu gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dengan air dan sabun, serta hindari kerumunan," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Sumatera Utara (Sumut) resmi berubah menjadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Baca juga: Satu dokter di Lapas Kota Tebing Tinggi-Sumut positif COVID-19

Baca juga: Jumlah terkonfirmasi COVID-19 di Sumut 10.965 orang


Dengan perubahan ini ada enam fokus bidang yang akan ditangani Satgas Penanganan COVID-19 yaitu data dan informasi, komunikasi publik, perubahan perilaku, kesehatan, hukum dan pendisiplinan serta relawan.

"Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah diketuai oleh Gubernur Sumatera Utara dan terdiri atas beberapa bidang kerja meliputi bidang data dan informasi publik, bidang komunikasi publik, bidang perilaku, bidang kesehatan, bidang penegakan hukum dan pendisiplinan, dan bidang relawan,” katanya.

Peningkatan kapasitas uji usap (swab) PCR masih menjadi hal yang sangat penting bagi penanggulangan COVID-19, kemudian mengisolasi orang yang terpapar sehingga memutus mata rantai penyakit ini.

Sampai saat ini ada 13 lab PCR yang beroperasi di Sumut, yaitu Lab Mikrobiologi USU, RS USU, RS Prima Husada Cipta (PHC) Belawan, BPOM Medan, RSUD Deli Serdang, RSUP H Adam Malik, RS TNI AD Putri Hijau, RS Murni Teguh, RS Bunda Thamrin, RS Pirngadi Medan, RSU Efarina Brastagi, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan RSUD Gunungsitoli.

Peningkatan jumlah lab ini menambah dengan signifikan jumlah spesimen yang diuji, yakni meningkat 9.609 dari pekan lalu, sehingga total Satgas telah menguji 99.027 spesimen.

"Dari seluruh total Laboratorium PCR Sumut yang ada, maka kapasitas pemeriksaan sampai dengan 2.300 spesimen/hari," katanya.*

#satgascovid19 #ingatpesanibu

Baca juga: DPRD Sumut kembali gelar tes usap COVID-19

Baca juga: Percepat penanganan, Kodam I/BB operasi disiplin protokol kesehatan

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020