Gresik (ANTARA News) - Tuan rumah Gresik United meraih kemenangan meyakinkan saat mencukur tim tetangga Deltras Sidoarjo dengan skor 3-0 (2-0) pada pertandingan Divisi Utama Liga Indonesia di Stadion Petrokimia Gresik, Jatim, Minggu.

Tiga gol kemenangan Gresik United itu masing-masing dicetak David Faristian pada menit ke-27, Varney Pas Boakay di menit akhir babak pertama dan tendangan jarak jauh Onambele Basile di menit ke-85.

"Kemenangan ini tidak lepas dari motivasi anak-anak yang tinggi untuk tidak mau gagal lagi di kandang," kata pelatih Gresik United Sasi Kirono Sumantri setelah pertandingan usai.

Pada laga sebelumnya, Gresik United harus puas meraih tambahan satu angka setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan Mitra Kukar.

Pertandingan sempat terhenti sekitar lima menit ketika memasuki menit ke-74, menyusul protes yang dilakukan pemain tuan rumah atas keputusan penalti yang dijatuhkan wasit untuk Deltras.

Pelatih, ofisial, dan sejumlah pengurus Gresik United tidak terima dengan keputusan tersebut dan protes kepada pengawas pertandingan.

Keputusan penalti itu dijatuhkan setelah tangan salah satu pemain Gresik United menyentuh bola dengan tangan di daerah terlarang.

Saat laga dilanjutkan, Wahyu Gunawan yang mengambil eksekusi penalti gagal menaklukkan kiper Gresik United Usman Pribadi.

Upaya Deltras untuk mengejar angka makin terjepit, ketika Onambele Basile mencetak gol tambahan untuk tuan rumah dan mengakhiri laga dengan skor 3-0.

"Gresik United bermain lebih bagus dan solid. Motivasi mereka untuk menang juga tinggi, sementara anak-anak tampil kurang disiplin," kata pelatih Deltras, Nus Yadera.

Kendati menang, pelatih Gresik United Sasi Kirono mengakui grafik permainan anak asuhnya masih naik turun dan selalu tampil kurang lepas.

"Posisi kami untuk menjauh dari zona degradasi memang belum aman, sehingga empat laga tersisa harus dimaksimalkan," kata Sasi Kirono.

Gresik United masih terpaku di peringkat ke-9 dari 11 tim yang

tergabung di wilayah II, sementara Deltras berada di papan atas klasemen sementara.

Susunan pemain:

- Gresik United: Usman Pribadi (pg), Kamaludin, Lan Bastian, Khoirul Munip, Heri Purnomo, Mulyanan/Bahrony Fadli, Onambele Basile, Basuki, Ali Usman/Khabib Syukron, Varney Pas Boakay

- Deltras: Dwi Kuswanto (pg), Erfan Fabianto/Cornelis Kaimu, Mujib Riduan, Adolphus Nagbe, Fachrudin, Sacke Teah Doe, Muhammad Kusen/Imam Yulianto, Wahyu Gunawan, Choirul Mashuda, Ferry Aman Saragih, Satyo Husodo.(D010/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010