450 siswa ikuti pendidikan Semata PK TNI-AU

450 siswa ikuti pendidikan Semata PK TNI-AU

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana (kiri), saat memotong rambut salah satu siswa Pendidikan Semata PK TNI AU 2020, di Lapangan Dirgantara Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, di Karanganyar, Senin (12/10/2020). ANTARA/HO Penerangan dan Kepustakaan Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo

Karanganyar (ANTARA) - Sebanyak 450 siswa mengikuti pendidikan Sekolah Pertama Tamtama Prajurit Karier (PK) Angkatan ke-79 TNI AU 2020, di Skuadron Pendidikan 404, Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo.

Pada acara pembukaan pendidikan Semata PK Angkatan ke-79 TNI AU itu dipimpin langsung Komandan Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, dalam upacara yang digelar, di Lapangan Dirgantara Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo, di Karanganyar, Senin.

Menurut Suadnyana, pendidikan Semata PK TNI AU tahun ini, diikuti 450 Siswa dengan diawali sumpah janji siswa sebagai prajurit TNI AU.

"Pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan ke-79 ini, yang diikuti sebanyak 450 siswa akan menempuh pendidikan selama lima bulan di Skuadron Pendidikan 404 Pangkalan Udara TNI AU Adi Soemarmo," kata dia.

Baca juga: Panglima Kodam XIII/Merdeka tutup pendidikan tamtama secara virtual

Ia mengatakan pendidikan Semata PK TNI AU merupakan pendidikan yang bertujuan membentuk warga Negara Indonesia (WNI) yang terpilih menjadi Tamtama TNI AU, untuk memiliki sikap dan peri laku prajurit pejuang Sapta Marga.

"Janji siswa yang baru saja kalian ucapkan hendaknya bukan hanya sekedar simbol, tetapi harus disertai dengan tindakan kesadaran dan ketulusan hati untuk melaksanakan semua yang telah kalian ucapkan secara lantang serta tegas," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, dia menekankan kepada para siswa untuk mengikuti dan mentaati semua peraturan serta tata tertib yang berlaku di lingkungan lembaga pendidikan. "Karena konsekuensinya apabila terbukti ada siswa yang melakukan pelanggaran tentu yang bersangkutan akan mendapat sanksi sesuai tingkat kesalahan yang dilakukan," kata dia.

Baca juga: 139 tamtama Kodam XIII/Merdeka ikuti Pendidikan Kejuruan Infantri

Menurut dia, dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, upacara pembukaan pendidikan tetap dilaksanakan secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sebagai adaptasi kebiasaan baru.

Terkait hal tersebut, kata dia, kepada para siswa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan, sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan aman dan lancar sampai dengan penutupan pendidikan nantinya.

Danlanud seusai upacara melanjutkan dengan acara tambahan tradisi pengguntingan rambut dan penyiraman air bunga kepada perwakilan siswa tanda dimulainya pendidikan Semata PK angkatan ke-79 TNI AU.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar