Pembukaan jalur ini merupakan hasil dari evaluasi dari tim Pemkab Pasuruan
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pendakian Gunung Arjuno-Welirang di Jawa Timur jalur Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, dan jalur Tretes, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kembali dibuka untuk para pendaki.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo Ahmad Wahyudi mengatakan bahwa pembukaan dua jalur tersebut dilakukan mulai 12 Oktober 2020, usai dilakukan evaluasi pendakian Gunung Arjuno-Welirang.

"Pembukaan jalur ini merupakan hasil dari evaluasi dari tim Pemkab Pasuruan," kata Wahyudi saat dikonfirmasi ANTARA, dari Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

Wahyudi menjelaskan terkait peraturan pendakian dari jalur Tambaksari, dan Tretes tersebut, sesuai dengan apa yang sudah ditentukan sebelumnya. Penerapan protokol kesehatan bagi para pendaki, harus dilaksanakan secara penuh.

Baca juga: Kemenparekraf siapkan protokol kesehatan pendakian gunung

Beberapa ketentuan yang diatur di antaranya adalah para pendaki harus melakukan pendaftaran online melalui laman resmi https://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id dalam upaya untuk mengurangi interaksi antara pendaki dan petugas.

Kemudian jumlah maksimum para pendaki dalam kawasan ditetapkan sebanyak 500 orang, dari total kapasitas hingga 2.500 orang, atau belum ada penambahan kuota sejak dibuka pada awal September 2020.

Selain itu untuk rombongan pendaki yang jumlahnya lebih dari sepuluh orang, wajib menyertakan hasil uji cepat COVID-19. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran COVID-19.

Protokol kesehatan lainnya, para pendaki wajib menggunakan masker dan membawa cairan pembersih tangan. Selain itu, penggunaan satu tenda hanya bisa dilakukan untuk satu orang pendaki.

Baca juga: Pendakian Arjuno-Welirang dibuka pada 5 September 2020

Untuk jalur pendakian yang dibuka pada 12 Oktober 2020, adalah di Tambaksari, merupakan jalur pendakian religi, karena ada beberapa petilasan atau peninggalan bersejarah seperti pekuburan, dan peninggalan kuno yang dapat ditemukan pada jalur pendakian.

Sementara jalur pendakian melalui pintu masuk Tretes, terkenal cukup berat karena jalur pendakian yang menanjak dan berbatu. Jalur Tretes merupakan jalur pendakian Gunung Arjuno dari sisi utara gunung, dan lebih berat dibandingkan dari jalur lainnya.

Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sementara untuk Gunung Welirang, memiliki ketinggian 3.156 mdpl.

Gunung Arjuno, terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang, termasuk Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Arjuno terletak dalam satu punggungan yang sama dengan puncak Gunung Welirang, dan lebih dikenal sebagai kompleks Arjuno-Welirang.

Baca juga: Pendakian Gunung Semeru dibuka kembali mulai 1 Oktober 2020

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020