Bakamla, Kementerian Sosial dan BNPB berharap bantuan ini memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita
Manado (ANTARA) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menggelar bakti sosial dengan menyerahkan bantuan sosial serta alat kesehatan kepada masyarakat pesisir di Serei, Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), Senin.

Deputi Kebijakan dan Strategis (Jakstra) Bakamla RI Laksda Bakamla Tatit E Witjaksono, mengatakan saat ini dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19.

"Wabah ini telah membawa dampak besar terhadap seluruh negara di dunia termasuk Indonesia," katanya.

Baca juga: Bakamla paparkan kondisi keamanan laut di tengah pandemi COVID-19

Ia mengatakan dampak yang ditimbulkan tidak saja korban jiwa, tetapi lebih jauh lagi membawa pada dampak kondisi ekonomi sosial bangsa secara menyeluruh.

Pemerintah saat ini tengah berjuang untuk menjamin kondisi masyarakat tetap dijamin baik secara keamanan, kesehatan, ekonomi dan sosial.

Bakamla sebagai salah satu kementerian lembaga pemerintahan berusaha turut andil dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain menjaga keamanan dan keselamatan di laut, juga turut mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Baca juga: Bakamla akan lakukan operasi cegah tangkal penyebaran COVID-19

Untuk melaksanakan upaya mencegah dan meminimalkan penularan penyakit yang disebabkan COVID-19, Bakamla tidak dapat berdiri sendiri.

Dalam kesempatan gelar "Operasi Cegah Tangkal", maka Bakamla bersinergi dengan Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sinergi itu diwujudkan dengan kehadiran kapal patroli Bakamla yang mampu menjangkau pulau-pulau terdepan membawa serta bantuan sosial dari kementerian sosial dan bantuan alat-alat kesehatan dari BNPB.

Baca juga: Badan Keamanan Laut akan bangun pangkalan di NTB

"Sinergi ini sebagai wujud kepedulian dan kerja sama pemerintah dalam menghadapi wabah COVID-19," katanya.

Ia mengatakan Operasi Cegah Tangkal dan kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan secara serentak di tiga Zona Maritim Bakamla.
Untuk Zona Maritim Barat sudah dilaksanakan di Batam Natuna.

Saat ini, Zona Maritim Tengah dilaksanakan di Serei, Likupang Barat, Minahasa Utara, yang menjadi salah satu sasaran yang diprioritaskan bersama kecamatan lainnya di Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Melonguane Kabupaten kepulauan Talaud.

Baca juga: Istri Mensos serahkan bansos untuk seniman di Kabupaten Semarang

Sebanyak 1.100 paket bantuan sosial dari Kementerian Sosial akan diserahkan kepada masyarakat di tiga kecamatan tersebut.

Selain itu, juga bantuan 3.064 item alat kesehatan dari BNBP meliputi pakaian hazmat, pelindung sepatu, kacamata, alat rapid test ,masker kain dan faceshield.

"Bakamla, Kementerian Sosial dan BNPB berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita dalam meringankan beban dalam menghadapi COVID-19," katanya.

Baca juga: Mensos puji penanganan bantuan sosial di Surabaya

Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis kepada masyarakat yang dipusatkan di pangkalan armada kapal patroli Bakamla di Serei.

Hadir pada saat itu Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma Bakamla Dwi Aris Priyono, Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito, dan Kepala Kantor Kamla Zona Mariitm Tengah Laksma Bakamla Leonidas Braksan dan Kepala Dinas Sosial Sulawesi Utara Rinny Tamuntuan.

Baca juga: Mensos saksikan pencairan BST dan distribusi BSB di Surabaya

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020