Wisatawan asing yang bisa berkunjung di lokasi wisata saat ini bisa jadi para ekspat...
Kupang (ANTARA) - Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nusa Tenggara Timur (NTT) Abed Frans mengatakan permintaan paket wisata dari luar ke provinsi tersebut masih lesu, meskipun sudah memasuki adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19.

"Sekarang permintaan paket wisata untuk NTT masih lesu karena pintu masuk wisatawan asing ke Indonesia belum dibuka," katanya ketika dihubungi di Kupang, Senin.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan kondisi terkini pasar wisata di NTT sejak diberlakukan adaptasi kebiasaan baru pada Juni 2020.

Baca juga: NTT rancang desain pariwisata Flores untuk dipasarkan 2021

Ia mengatakan banyak grup operator tur mengeluh karena pintu masuk atau border untuk wisatawan mancanegara belum dibuka, sehingga belum ada geliat kunjungan wisatawan di daerah-daerah, termasuk NTT.

"Wisatawan asing yang bisa berkunjung di lokasi wisata saat ini bisa jadi para ekspat (pekerja asing atau orang asing) yang memiliki kartu izin tinggal terbatas/tetap (KITAS)," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, para pelaku industri wisata berharap agar pemerintah segera membuka pintu masuk dan membolehkan wisatawan asing masuk ke Indonesia.

Baca juga: Taman Nasional Komodo terapkan registrasi online perketat wisatawan

"Mengenai protokol pencegahan COVID-19 tentunya pasti harus dipenuhi oleh semua wisatawan itu," katanya.

Sementara untuk kunjungan wisatawan domestik ke NTT, lanjut Abed Frans, sudah mulai membaik pada Agustus 2020 lalu. Artinya, kata dia, sudah mulai ada beberapa permintaan paket tur ke NTT.

Namun demikian, kata dia, pemberlakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta dan akses di Bali yang belum sepenuhnya dibuka, menyebabkan kembali terjadi pembatalan perjalanan wisata ke NTT.

Baca juga: Permintaan paket wisata NTT dari mancanegara mulai masuk

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020