Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya memusatkan pengunjuk rasa menolak UU Cipta Lapangan Kerja di kawasan Monumen Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda.

"Titik kumpul massa kita arahkan ke Patung Kuda," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa.

Untuk mengamankan aksi tersebut, Kepolisian bersama dengan TNI telah menyiapkan sekitar 12 ribu personel keamanan gabungan. "Kami menyiapkan sebanyak 12.000-13.000 personel gabungan TNI-Polri," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sejak Jumat (9/10), pihaknya menerima surat pemberitahuan tentang adanya kegiatan unjuk rasa yang memang di pusatkan di Istana Merdeka.

Baca juga: Polisi siapkan 12.000 personel untuk amankan aksi di Istana Merdeka
Baca juga: Polda Metro ajukan bantuan 211 personel Pemprov DKI guna amankan aksi


Pihaknya sudah melakukan penggalangan kekuatan secara preemtif untuk menekan niat massa melakukan unjuk rasa.

Hal itu dikarenakan Istana Merdeka merupakan lambang negara sehingga kesepakatannya massa akan menggelar unjuk rasa di kawasan Patung Kuda.

Yusri mengatakan pihaknya belajar dari kejadian sebelumnya pada 8 Oktober 2020 yang berujung pada pembakaran dan perusakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab atau perusuh anarkis.

Selain itu, Yusri mengimbau pada para pengunjuk rasa yang datang ke kawasan Istana Merdeka untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020