Banda Aceh (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Leupung, Aceh Besar, Ipda Khairil Anwar, tampaknya bangga dan terharu dapat mencium tangan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri.

"Saya tidak tahu mau bilang apa lagi. Ini bagaikan mimpi bisa mencium tangan Kapolri," kata Kapolsek Leupung, Ipda Khairil Anwar, usai penyambutan kedatangan Kapolri di Mapolsek tersebut, Selasa.

Kedatangan Kapolri bersama sejumlah perwira Mabes Polri itu untuk memberikan pujian kepada personil Polsek Leupung, karena dinilai telah berhasil menangkap 10 anggota jaringan teroris, yang dua di antaranya tewas tertembak pada Jumat (12/3), sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam penyergapan tersangka anggota teroris tersebut, Kapolsek Ipda Khairil Anwar mengerakkan 13 personilnya dengan tiga pucuk senjata laras panjang serta sepucuk pistol.

Saat kejadian itu, Kapolsek menjelaskan empat dari 13 anggotanya ditugaskan untuk menghentikan laju mobil penumpang jenis L-300 yang dicurigai melaju dari arah Banda Aceh ke Calang, Aceh Jaya.

Selain menangkap tersangka, aparat Polsek Leupung juga berhasil mengamankan enam pucuk senjata laras panjang dan pistol serta puluhan butir amunisi dari tangan jaringan teroris tersebut.

Kapolri Bambang Hendarso Danuri menyatakan dalam penyergapan di depan Mapolsek Leupung itu, Tuhan berpihak kepada aparat kepolisian.

"Kalau waktu itu saja kekuatan tersangka teroris dengan jumlah senjata yang cukup, maka saya tidak bisa membayangkan. Tapi, Alhamdulillah, Allah SWT masih berpihak kita," kata Kapolri.

Briptu Asnan, personil Polsek Leupung juga mendapat pujian Kapolri dan sejumlah perwira Mabes Polri. Asnan, merupakan salah seorang personil Polsek yang melakukan pelumpuhan terhadap tersangka teroris yang berupaya kabur saat penangkapan itu.

Dalam kunjungan ke Mapolsek Leupung, Kapolri Bambang Hendarso Danuri juga memberikan pujian kepada prajurit TNI Koramil Leupung yang ikut membantu polisi saat penangkapan tersangka teroris tersebut.

Kapolri juga memberikan bantuan untuk Polsek dan Koramil, masing-masing lima unit sepeda motor. Khusus untuk Polsek Leupung, diberikan tiga unit komputer.

Posisi Mapolsek dan Koramil Leupung hanya berjarak sekitar 300 meter, berada dipinggir jalan raya Banda Aceh-Calang (Aceh Jaya) atau sekitar 25 kilometer arah barat Kota Banda Aceh.
(T.A042/A011/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010