20 persen warga Bekasi jadi target vaksinasi COVID-19 tahap pertama

20 persen warga Bekasi jadi target vaksinasi COVID-19 tahap pertama

Ilustrasi--Sebuah botol kecil berlabel Vaksin diletakkan di dekat jarum suntik medis di depan tulisan "Coronavirus COVID-19" pada (10/4/2020). (ANTARA/REUTERS / Dado Ruvic)

Bekasi, Jawa Barat (ANTARA) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan bahwa sekitar 20 persen dari 2,4 juta warga Kota Bekasi akan menjadi target vaksinasi COVID-19 tahap pertama yang menurut rencana dilaksanakan November 2020.

"Diberikan kepada warga yang siap. Surat sasaran vaksinasi sudah kita buat dan kita kirim ke Gubernur Jawa Barat," kata Rahmat di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, pada tahap pertama Kota Bekasi mendapatkan jatah vaksin COVID-19 untuk 480 ribu orang dan pemerintah memprioritaskan tenaga medis dan petugas pelayanan publik dalam vaksinasi tahap pertama.

"Karena mereka yang sering kontak langsung dengan orang banyak," kata Rahmat.

Sementara itu, Kabupaten Bekasi mendapat alokasi vaksin untuk sekitar 720 ribu orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan bahwa pemerintah pusat sudah menyampaikan pemberitahuan mengenai rencana pelaksanaan vaksinasi pada November 2020.

"Rencananya November mendatang kita akan terima bantuan vaksin pemerintah," katanya.

Pemerintah daerah, ia menjelaskan, menindaklanjuti pemberitahuan tersebut dengan mengirim 45 tenaga kesehatan untuk mengikuti pelatihan teknis pengelolaan dan tata laksana vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat di Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Namun, menurut dia, pemerintah daerah belum menentukan target vaksinasi COVID-19 tahap pertama. "Belum ada ketentuannya, kita masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat juga," kata dia.

Baca juga:
Satgas matangkan sasaran dan prioritas vaksinasi COVID-19

Pemerintah siapkan vaksin untuk tenaga medis hingga masyarakat miskin
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Semarang gelar vaksinasi tanpa turun di malam hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar