Jakarta (ANTARA) - Gelandang AS Weston McKennie menjadi pemain kedua Juventus yang positif terinfeksi COVID-19 pada pekan ini, demikian diumumkan sang juara Liga Italia melalui laman resminya.

Sebelumnya tes terhadap megabintang asal Portugal Cristiano Ronaldo menunjukkan hasil positif COVID-19. Tes itu dilakukan saat Ronaldo sedang bersama timnas Portugal untuk berlaga di UEFA Nations League 2020/2021.

"Pada tes-tesyang dilakukan oleh protokol gugus tugas, Weston McKennis didapati positif COVID-19," demikian pernyataan Juve, sambil mengatakan timnya telah menjalani isolasi pada Rabu malam.

"Prosedur ini akan mengizinkan semua orang yang negatif (COVID-19) untuk menjalankan aktivitas-aktivitas latihan dan pertandingan, namun tidak akan dapat melakukan kontak dengan orang-orang di luar grup," tambahnya.

Seluruh anggota skuat Juventus telah menjalani isolasi setelah ditemukannya dua staf mereka yang positif COVID-19 pada 3 Oktober. Prosedur itu mengizinkan mereka berlatih dan bermain, namun melarang kontak dengan pihak luar.

Baca juga: Ronaldo dan sejumlah pemain Juve dilaporkan langgar peraturan isolasi

Regulasi kesehatan Italia menetapkan bahwa kedua pemain positif COVID-19 harus menjalani isolasi mandiri setidaknya selama sepuluh hari, dan dinyatakan negatif sebelum dapat kembali bergabung dengan rekan-rekan setimnya.

Di bawah peraturan UEFA, seorang pemain harus memberikan bukti bahwa ia tidak lagi dalam kondisi sakit sepekan sebelum pertandingan level Eropa.

Ronaldo yang akan absen pada pertandingan pembukaan Juve di Liga Champions melawan Dynamo Kievpada 20 Oktober, harus memiliki hasil tes negatif pada 21 Oktober untuk dapat bermain melawan Barcelona sepekan kemudian.

Baca juga: Rumah Cristiano Ronaldo dirampok saat ia sedang tanding lawan Spanyol

Federasi Sepak bola Portugal mengumumkan pada Selasa bahwa tes Ronaldo untuk COVID-19 menunjukkan hasil positif, sehari setelah Portugal bermain imbang 0-0 dengan Prancis di Paris. Ia juga tidak akan masuk skuat Portugal untuk pertandingan UEFA Nations League melawan Swedia di Lisbon pada Rabu.

Ronaldo sendiri dikabarkan telah kembali ke Italia dengan menggunakan pesawat jet pribadi.

Bek Juve Giorgio Chiellini mengatakan pada Selasa bahwa dirinya telah berdialog dengan Ronaldo.

"Ia baik-baik saja dan sedang berjemur, ia akan kembali ketika ia telah siap," kata pemain senior Juve tersebut.

Baca juga: Pertandingan Napoli vs Juventus terancam ditunda akibat COVID-19
Baca juga: Komite sains anggap pelarangan Napoli bepergian merupakan hal yang sah

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020