Kemarin, hilirisasi nikel hingga transformasi ekonomi berbasis hijau

Kemarin, hilirisasi nikel hingga transformasi ekonomi berbasis hijau

Foto udara pabrik pengolahan nikel milik PT Aneka Tambang Tbk di Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin (24/8/2020). ANTARA FOTO/Jojon/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (14/8), mulai dari kebijakan hilirisasi nikel hingga transformasi ekonomi global berbasis pemulihan hijau.
 

Kementerian ESDM: Hilirisasi nikel berdampak positif bagi perekonomian

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Ridwan Djamaluddin mengatakan kebijakan hilirisasi nikel akan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Selain meningkatkan nilai rantai pasok produksi, kegiatan hilirisasi juga dapat menyelamatkan komoditas bijih nikel dari gejolak harga.

"Di hulu pertambangan itu praktis lebih mudah dilakukan dengan keuntungan yang lebih besar. Namun, ketika ditarik di hilir, muncul istilah keekonomian bahwa nilai tambah keuntungannya tidak seimbang dengan investasi (yang besar). Inilah sedang kita coba, sehingga keseimbangan itu terjadi," jelas Ridwan Djamaluddin dalam webinar bertajuk Masa Depan Hilirisasi Nikel Indonesia seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini
 

Peternak terapkan pola ternak modern untuk bertahan di tengah pandemi

Pelaku usaha peternakan kambing menerakan pola ternak secara modern untuk dapat bertahan di tengah merebaknya pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Salah satu pelaku usaha peternakan Ardian Karunia di Jakarta, Rabu, menyatakan pola ternak modern meliputi beternak dengan menggunakan manajemen peternakan yang baik dari segi desain kandang, pemilihan pakan, pola pemeliharaan, dan lainnya.

Selengkapnya di sini
 

Menperin: Revolusi Industri 4.0 butuh peran startup

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa implementasi Industri 4.0 di Indonesia membutuhkan dukungan dan peran dari usaha rintisan atau startup.

“Revolusi Industri 4.0 membutuhkan peran serta startup sebagai implementator dan problem solver untuk mewujudkan Indonesia 4.0. Untuk itu, melalui ekosistem solusi teknologi yang dibentuk oleh Startup4Industry akan mendukung terwujudnya ekosistem,” kata Menperin saat meresmikan Program Startup4Industry yang ditayangkan online, Rabu.

Selengkapnya di sini
 

Gubernur BI bicara bauran kebijakan hadapi krisis COVID di forum IMF

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo berbicara soal bauran kebijakan yang bisa diterapkan negara berkembang dalam menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19 dalam forum virtual Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) 2020.

"Inovasi kami dalam bauran kebijakan bank sentral sesuai saat tekanan global yang belum terjadi sebelumnya kepada ekonomi kami dan harapannya bisa diimplementasikan negara berkembang lainnya," katanya dalam sesi virtual Governor Talk di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini
 

Menkeu dorong transformasi ekonomi global berbasis pemulihan hijau

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong transformasi ekonomi global setelah lepas dari pandemi COVID-19 agar berbasis pada pemulihan hijau atau menekankan aspek lingkungan yang lebih berkelanjutan.

“Para pembuat kebijakan harus melihat lebih dekat paket pemulihan dari perspektif strategi jangka panjang yang membangun ekonomi berkelanjutan,” katanya ketika menjadi salah satu pembicara dalam konferensi Green Climate Fund secara virtual di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya di sini
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

DJBC Kepri gagalkan penyelundupan 45.000 ton biji nikel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar