AsiaNet 86093

Qingdao, China, 14 Oktober 2020 (Antara/Xinhua-AsiaNet)- Pada tanggal 22 September 2020, Platform Kerjasama Kelautan Asia Timur Forum Qingdao dan Pekan Laut Internasional Qingdao dimulai di Area Baru Pantai Barat Qingdao. Para ahli, sarjana, dan elit dari berbagai negara dan wilayah di seluruh dunia dan organisasi internasional berkumpul semua secara online dan offline untuk mempromosikan kerja sama yang mendalam di antara berbagai negara di bidang kelautan. 

Forum ini diselenggarakan oleh Kementerian Sumber Daya Alam dan Pemerintah Rakyat Provinsi Shandong, diorganisir oleh Pemerintah Rakyat Kota Qingdao dan Kelompok Pelabuhan Shandong, dan dieksekusi oleh Komite Administratif Daerah Baru Pantai Barat Qingdao. Forum ini terdiri dari tujuh segmen termasuk satu forum utama, empat sub-forum (Forum Internasional Kelas Atas tentang Kesehatan Laut, Forum Pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan Laut Asia Timur, Konferensi Aliansi Pelabuhan Laut Asia Timur, dan Forum Industri Rumput Laut dan Kesehatan Internasional), satu kontes (final dari Kontes Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan Kelautan Global), dan satu expo (Pameran Kelautan Asia Timur).

Sejumlah laporan riset kelas berat dirilis di forum tersebut, seperti Laporan Kerjasama Kelautan Asia Timur (2020), Laporan tentang Perlindungan Lingkungan Laut dan Tata Kelola Bangsa-Bangsa Asia Timur, dan Indeks Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata Kota-Kota Pesisir Asia Timur (2020), menunjukkan jalan ke depan untuk kerja sama kelautan di Asia Timur. Menurut Laporan Kerjasama Kelautan Asia Timur (2020), kerjasama kelautan di Asia Timur menghadapi tantangan baru saat ini, namun konsensus dan harapan semua pihak untuk memperkuat kerjasama kelautan tetap tidak berubah, begitu pula dengan investasi dan dukungan untuk kerjasama kelautan dan ruang besar dan peluang untuk perkembangan yang terstruktur.
Memanfaatkan platform internasional Platform Kerjasama Laut Asia Timur Forum Qingdao, Area Baru Pantai Barat Qingdao telah melipatgandakan upayanya dalam daya tarik bakat dan promosi investasi. Kesepakatan pada 24 proyek utama yang telah ditandatangani di forum tersebut, 12 di antaranya adalah proyek industri utama dengan total investasi RMB 45,1 miliar, yang mencakup sepuluh industri besar seperti peralatan laut kelas atas, teknologi informasi generasi baru, energi baru dan material baru; dan 12 proyek yang dipimpin oleh talenta tingkat tinggi, yang melibatkan lebih dari 250 talenta di 7 bidang strategis yang muncul seperti manufaktur peralatan kelas atas, energi baru, material baru, Internet of Things, bio-kedokteran, konservasi energi, dan perlindungan lingkungan.

Berpusat di sekitar tema "Keterbukaan dan Konektivitas untuk Masa Depan Cerdas", mantan wakil direktur Pusat Penelitian Pembangunan Dewan Negara dan presiden Asosiasi Evaluasi Perusahaan China Hou Yunchun, seorang ahli makroekonomi terkenal dan mantan kepala ekonom Pertanian Bank of China Xiang Songzuo, para pakar, akademisi, dan pengusaha terkenal lainnya masing-masing memberikan pidato utama.

Satu segmen forum - Pameran Kelautan Asia Timur 2020 dibuka dan berlangsung hingga 27 September. Pameran ini mengadopsi mode pameran "offline + online" baru untuk pertama kalinya dan menyiapkan enam area pameran untuk kerja sama internasional dan industri strategis; peralatan teknik kelautan dan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan; infrastruktur baru dan industri baru; barang konsumen internasional; komoditas industri pendukung; dan perikanan dan produk akuatik.

Platform Kerjasama Kelautan Asia Timur diketahui merupakan proyek promosi yang diprioritaskan dalam rencana pembangunan Belt and Road nasional dan proyek promosi utama dalam inisiatif Shandong untuk menggantikan pendorong pertumbuhan lama dengan yang baru. Berfokus pada pembangunan Platform Kerjasama Kelautan Asia Timur, Area Baru Pantai Barat Qingdao telah menyelenggarakan forum ini selama lima tahun berturut-turut, menarik minat lebih dari 1.100 tamu dan lebih dari 1.600 perusahaan dari total 53 negara dan wilayah, dan telah memperoleh serangkaian pencapaian kerjasama yang substansial. Saat ini, Forum Qingdao Platform Kerjasama Kelautan Asia Timur telah menjadi wahana penting untuk mempromosikan kerjasama yang mendalam antara China, Jepang, Korea Selatan dan negara-negara Asia Tenggara.

Sumber: Kementerian Sumber Daya Alam & Pemerintah Rakyat Provinsi Shandong

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020