Meulaboh (ANTARA) - Satuan Tugas Penangangan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mencatat sebanyak 96 orang pasien positif COVID-19 di daerah ini dinyatakan sembuh, setelah mendapatkan perawatan medis dan isolasi mandiri.

Selain itu, Satgas setempat juga mencatat tidak menemukan adanya warga yang kembali positif COVID-19 di daerah ini sejak empat hari terakhir.

“Saat ini hanya dua orang pasien saja yang masih dirawat, satu orang di rawat di RSUD SIM Nagan Raya, satu orang lagi dirawat di Rumah Sehat Nagan Raya,” kata Kepala Sekretariat Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Ika Suhannas, Kamis, di Suka Makmue.

Menurutnya, tingginya angka kesembuhan masyarakat di Nagan Raya, Aceh, dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya kerjasama yang kuat antara pemerintah daerah, TNI, Polri, serta aparat desa di dalam melakukan pemantauan terkait setiap pendatang yang baru tiba ke desa.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 dua kali kabur dari RSUD Nagan Raya Aceh

Baca juga: 51 pasien positif COVID-19 di Nagan Raya Aceh sembuh


Selain itu, kesadaran masyarakat untuk berobat di Puskesmas atau sarana kesehatan di daerah ini juga mengalami peningkatan, sehingga berdampak terhadap penurunan jumlah warga yang terinfeksi virus mematikan tersebut, katanya.

Ika Suhannas juga menjelaskan meningkatnya kesembuhan masyarakat juga didasari rasa optimis untuk sembuh saat menjalani isolasi mandiri dan mengikuti anjuran kesehatan yang diterapkan oleh petugas medis yang menangani pasien.

“Karena selama ini, rata-rata penderita COVID-19 di Nagan Raya tidak memperlihatkan gejala. Masyarakat kebanyakan sembuh karena mereka yakin bisa melewati masa isolasi dengan baik,” kata Ika Suhannas menambahkan.

Meski pun demikian, pihaknya berharap tidak ada warga lain di Nagan Raya, Aceh yang terinfeksi COVID-19.

Satgas Penanganan COVID-19 Nagan Raya juga berharap masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan ketika berada di luar rumah dengan cara selalu memakai masker ketika beraktivitas, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta menjaga imunitas dengan mengonsumsi makanan sehat, beribadah serta istirahat yang cukup pada malam hari, ungkapnya.*

Baca juga: Pasien Corona dikubur tanpa protokol, warga Nagan Raya isolasi mandiri

Baca juga: Delapan pasien COVID-19 di Nagan Raya sembuh, termasuk paramedis

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020