Tangerang (ANTARA) - Kecamatan Karawaci Kota Tangerang memanfaatkan sampah sayuran dari pasar yang ada di sekitar wilayah untuk diolah menjadi media tanam hingga menjadi bibit tanaman yang siap dibagikan ke masyarakat.

Camat Karawaci, Tihar Sopian di Tangerang, Kamis, mengatakan setiap hari dihasilkan 300 bibit tanaman tomat dan cabai yang kemudian dibagikan ke kelurahan, yaitu sebanyak 70 bibit tanaman per kelurahan hingga sampai ke warga-warga.

“Bibit ini didapatkan dari sampah-sampah pasar Bandeng yang dikumpulkan oleh Satgas Karawaci. Sampah-sampah tersebut diolah menjadi bibit untuk disemai dan selanjutnya dipindahkan ke polibag. Ketika sudah siap, selanjutnya dibagikan ke warga,” ujarnya.

Salah satu Ketua Rukun Warga (RW), Mudin, menyambut baik dan berterima kasih atas inisiatif Pemkot Tangerang untuk senantiasa menjaga ketahanan pangan khususnya di saat pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Anggota DPR dorong industri optimalkan pemanfaatan limbah jadi pupuk

Baca juga: Komunitas Nol Sampah ingin Surabaya ikuti DKI terkait diet plastik


“Wah ini sih sangat berharga, warga di sini jadi bisa sama-sama bercocok tanam dan nantinya menikmati hasil panennya sendiri,” ujarnya.

Begitu juga dengan Hariadi, salah satu warga yang turut mendapatkan manfaat pembagian bibit tanaman gratis. Menurutnya, dengan adanya program ini, masyarakat dapat menghemat uang belanja harian karena hasil panennya dapat dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

“Hasilnya itu, untuk dinikmati bersama, dibagikan kepada tetangga. Kalau berlebih, bisa dijual lagi. Lumayan buat pemasukan tambahan,” ujarnya.*

Baca juga: Pedagang dan pembeli Pasar Tebet Timur masih gunakan kantong plastik

Baca juga: "Diet" kantong plastik

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020