Pasar saham Aussie menguat ditopang ekspektasi penurunan suku bunga

Pasar saham Aussie menguat ditopang ekspektasi penurunan suku bunga

Seorang pekerja terlihat di antara layar monitor pergerakan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/Stringer/am.

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia ditutup lebih tinggi pada perdagangan Kamis, karena Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe membuka pintu untuk pelonggaran kebijakan lebih lanjut dari bank sentral tersebut pada November.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 31,10 poin atau 0,50 persen menjadi 6.210,30 poin, sementara indeks All Ordinaries bertambah 26,80 poin atau 0,42 persen menjadi 6.414,20 poin.

Lowe telah mengisyaratkan penurunan suku bunga lebih lanjut untuk mendukung pemulihan ekonomi Australia ketika berpidato di konferensi investasi tahunan Citi Australia dan Selandia Baru pada Kamis.

"Ketika ekonomi terbuka, wajar untuk mengharapkan pelonggaran moneter lebih lanjut akan mendapatkan daya tarik lebih," katanya.

"Ada banyak pidato dari Gubernur RBA Philip Lowe ... Pasar sekarang memperkirakan penurunan suku bunga acuan dari rekor terendah 0,25 persen menjadi 0,10 persen pada hari Melbourne Cup (3 November)," kata analis pasar CommSec, James Tao.

"Kenaikan berbasis luas dengan sektor sumber daya berkinerja lebih baik. Sektor energi melihat persentase kenaikan terbesar karena harga minyak global meningkat di tengah ekspektasi rebound permintaan yang lebih baik dari perkiraan sebelumnya pada 2021."

Di bidang keuangan, bank-bank besar menguat dengan Commonwealth Bank naik 0,89 persen, National Australia Bank naik 0,68 persen, Westpac Bank naik 0,43 persen dan ANZ naik 0,31 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 2,05 persen, Rio Tinto naik 0,99 persen, dan Fortescue Metals naik 1,40 persen, namun penambang emas Newcrest turun 0,06 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melonjak dengan Oil Search 3,90 persen, Santos naik 3,97 persen dan Woodside Petroleum 1,53 persen.

Supermarket terbesar Australia bervariasi dengan Coles turun 0,94 persen, dan Woolworths naik 0,95 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 1,06 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas menguat 0,95 persen dan perusahaan biomedis CSL merosot 0,43 persen.

Baca juga: Pasar saham Aussie dibuka "rebound", terangkat reli saham sumber daya
Baca juga: Pasar saham Australia hentikan kenaikan tujuh hari beruntun
Baca juga: Saham Aussie berakhir di tertinggi 7 bulan terangkat bank, teknologi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar