Los Angeles (ANTARA News) - Mereka melangkah tegak di atas karpet merah dan dikepung oleh designer papan atas dunia, memberikan pidato penuh tangis kemenangan dan pulang ke rumah membawa patung emas orang-orangan bernama Oscar.
]
Namun segera setelah beberapa aktris memenangi penghargaan industri film tertinggi, hubungan rumah tangga para bintang itu berantakan karena apa yang umum dikenal di Hollywood sebagai "kutukan Oscar."

Dalam daftar cerai itu masuk Aktris Terbaik Oscar 2010 dan 2009, Sandra Bullock dan Kate Winslet. lalu minggu ini bergabung Halle Berry (2002), Julia Roberts (2001), Reese Witherspoon (2006) dan Hillary Swank (2005).

Suami Sandra Bullock yang telah membina rumah tangga selama lima tahun dan seorang penggemar motor, Jesse James, menanggapi tuduhan perselingkuhan dari Bullock dengan sebuah permintaan maaf atas petaka yang dia buat.

Sementara alasan perpisahan Winslet dengan suaminya sutradara Sam Mendes sejauh ini masih dirahasiakan.

Tom O'Neil dalam laman TheEnvelope.com, menganalisis kaitan antara keretakan rumah tangga dan kegemerlapan Oscar.

"Apakah ini karena kemenangan yang diraih mereka atau perempuan-perempuan ini diva? Arau karena suami-suami mereka terlalu macho yang tidak dapat menerima keadaan itu?" kata O'Neil dalam blognya.

Dalam kasus Bullock, Mingguan Touch mengutip seorang model California, bahwa dia tidur dengan James di Atlanta tahun lalu sewaktu istrinya seorang aktris terbaik dalam film drama "The Blind Side" sedang syuting film.

Pengacara perceraian New York Paul Talbert menolak pendapat ada kutukan Oscar, dengan mengatakan perceraian itu kemungkinan besar akibat dari ketidakhadiran yang lama dari salah seorang dalam pasangan perkawinan.

"Realitasnya adalah perempuan-perempuan ini sangat sukses dan para pekerja keras yang mesti menghabiskan berbulan-bulan jauh dari keluarganya untuk syuting dan mempromosikan filmnya," kata Talbert.

"Situasi ini tidak jauh berbeda dengan keluarga sangat kaya di New York, di mana pasangannya seringkali lebih sibuk menguryi modalnya atau mencari lahan bisnis untuk menginvestasikan kekayaannya," tambahnya.

Namun Hollywood bisa terkecoh oleh penampilan para pria tampan dan para wanita cantik ini, serta keintimannya di film yang bisa berjam-jam bersama, khususnya dalam adegan romantis.

Mengingat 50 persen rumah tangga mereka gagal, maka para bintang itu tampaknya sulit membina hubungan rumah tangga.

"Selebritis bisa sangat unik menjadi daya tarik banyak orang. Anda harus kuat menahan godaan," kata Bonnie Fuller, pemimpin redaksi laman HollywoodLife.com.

Pidato Bullock saat mendapat Golden Globe dan Screen Actor's Guild baru-baru ini adalah ironis dengan penghormatan untuk James, yang kendati sering tampil di sejumlah "reality-show" TV tapi tidak pernah masuk lingkaran utama .

"Anda berbusana pakaian monyet, dan duduk diantara orang yang tidak Anda kenal. Aku sangat mencintaimu dan Anda sangat seksi!," katanya kepadanya dan dunia, Februari lalu.

Untuk sejumlah lelaki, mengambil posisi pendamping pasangan itu mungkin terlalu berat untuk ditanggung, kata fuller.

"Beberapa orang tidak bisa mengedalikan perempuan kuat nan sukses, dan Oscar menjadi salah satu penghargaan tertinggi yang dapat diraihnya," katanya. (*)

Reuters/AdamRizal?JafarSidik

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010