Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Moh. Haris Kariming menyatakan ada penambahan kasus baru COVID-19 di Sulteng sebanyak 21 orang sehingga total menjadi 617 orang.

"Hari ini 21 orang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab) sehingga secara kumulatif 617 orang telah terinfeksi COVID-19 hingga hari ini," katanya di Palu, Kamis malam.

Dua puluh satu orang itu, lanjutnya, berada di sejumlah daerah di Sulteng dan tengah menjalani isolasi antara lain tujuh orang di Kota Palu, 11 orang di Kabupaten Sigi dan tiga orang di Tolitoli.

Baca juga: ACT Sulteng gagas gerakan "Bangkit Bangsaku" bantu pangan warga

Selain itu Haris menyebut hari ini empat orang yang berada masing-masing dua orang di Palu, satu orang di Sigi dan satu orang di Donggala juga dinyatakan telah sembuh dari infeksi COVID-19 sehingga secara kumulatif 413 orang telah sembuh sampai saat ini.

"Mereka telah diizinkan pulang dan kembali berkumpul namun harus menerapkan protokol kesehatan. Sementara itu total pasien COVID-19 yang meninggal berjumlah 25 orang dan 179 orang menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemda setempat," ujarnya.

Kemudian ia menyatakan sebanyak 415 sampel usap saat ini masih dalam pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu.

Baca juga: Asisten II Pemprov Sulteng positif COVID-19, puluhan ASN dites usap

"Kami berharap hasil pemeriksaan 415 sampel usap tersebut negatif COVID-19 agar tidak terjadi ledakan kasus COVID-19 di Sulteng dan semua pasien yang dirawat segera sembuh," tambahnya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.

Baca juga: Pelaku perjalanan di Sulteng harus lengkapi dokumen kesehatan

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020