Bagi kami, suksesi adalah hal yang tidak terhindarkan dalam sebuah organisasi. Tapi, kepemimpinan bukanlah satu-satunya hal dalam sebuah organisasi
Jakarta (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat melayangkan surat kepada Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) dengan salah satu poinnya meminta melaksanakan musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) untuk memilih ketua baru.

Surat dari KONI Pusat dengan nomor 949/ORG/X/2020 tertanggal 15 Oktober diterima oleh induk organisasi balap sepeda Indonesia di sela rapat pleno PB ISSI di FX Senayan Jakarta, Kamis.

Munaslub digaungkan karena Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat ini juga merangkap jabatan dengan menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang dinilai mempunyai beban tugas lebih besar.

Baca juga: Raja Sapta yakin tak ada aturan yang dilanggar soal rangkap jabatan

Ketua Panitia Pengarah Munaslub PB ISSI, Jadi Rajagukguk menyatakan rasa terima kasihnya pada KONI Pusat karena telah merespon surat yang dikirim pada 28 Juli tentang pemberitahuan awal Munaslub. Surat sebelumnya juga dikirimkan ke Menteri Pemuda dan Olahraga dan KOI.

“Rencana awal kami akan menggelar Munaslub pada 4-5 Desember. Tapi karena ada agenda besar lain, antara lain pilkada dan juga harapan bahwa pandemi semoga sudah melandai, seperti yang sudah diputuskan dalam rapat pleno hari ini, Kamis, Munaslub kami tunda," kata Jadi dalam keterangan resminya.

"Selain itu, ada beberapa pengprov lain yang masa baktinya sudah berakhir. Maka sebelum menggelar Munaslub, kami meminta mereka untuk lebih dulu melakukan musyawarah provinsi,” kata Jadi menambahkan.

Pria yang juga Wakil Ketua Umum PB ISSI ini menambahkan Munaslub ditunda hingga pertengahan Januari 2021 dan ia juga menegaskan bahwa PB ISSI sudah menjalankan seluruh proses sesuai dengan AD/ART dan juga peraturan organisasi yang berlaku.

Pernyataan Jadi Rajaguguk juga dipertegas oleh Sekretaris Jenderal PB ISSI, Parama Nugroho. Menurut dia, dengan adanya surat dari KONI Pusat PB ISSI langsung melayangkan surat balasan untuk menyikapi permintaan Munaslub.

Baca juga: Raja Sapta Oktohari siap lepas posisi Ketua Umum ISSI meski berat

“Kami segera merespon surat dari KONI Pusat karena pada saat yang bersamaan, kami juga sedang menggelar rapat pleno. Bagi kami, suksesi adalah hal yang tidak terhindarkan dalam sebuah organisasi. Tapi, kepemimpinan bukanlah satu-satunya hal dalam sebuah organisasi," kata Parama.

Selama pandemi COVID-19, PB ISSI terus melakukan pemusatan latihan secara mandiri bagi atlet-atletnya, dan juga menggelar kursus kepelatihan secara virtual. Selain itu, juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kemenpora terkait pelaksanaan Pelatnas Olimpiade 2021.

Sementara itu di sisi lain, Forum Pengprov ISSI se-Indonesia yang mengklaim mendapatkan dukungan mayoritas pemilik suara juga bersiap menggelar Munaslub PB ISSI. Sesuai dengan rencana, pemilihan ketua umum periode 2020-2024 itu digelar di Hotel Aston Kartika, Jakarta, 17-18 Oktober.

Baca juga: PB ISSI adakan gowes 2020 KM Jakarta-Papua
Baca juga: Gowes Jakarta-Papua jadi ajang rekrutmen talenta daerah

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020