Ketua MPR dorong perbanyak sarana cuci tangan di tempat publik

Ketua MPR dorong perbanyak sarana cuci tangan di tempat publik

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ANTARA/HO)

Lengkapi dan siapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan, seperti fasilitas cuci tangan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah daerah dapat memperbanyak sarana dan prasarana protokol kesehatan, seperti fasilitas cuci tangan di tempat-tempat publik.

"Lengkapi dan siapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan, seperti fasilitas cuci tangan di tempat-tempat umum atau fasilitas-fasilitas publik yang ramai dan mudah dijangkau," kata Bamsoet, dalam pernyataannya, di Jakarta, Jumat.

Menurut Bamsoet, dorongan itu harus disampaikan pemerintah pusat kepada seluruh pemda, di tengah masih terbatasnya sejumlah sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan sebagai salah satu tatanan perubahan perilaku kehidupan masyarakat, seperti fasilitas cuci tangan.

Politikus senior Partai Golkar itu mendorong Pemerintah meningkatkan sosialisasi dan kampanye kepada masyarakat agar rajin mencuci tangan dengan sabun dan perubahan pola perilaku hidup bersih.

Pendekatannya, kata dia, bisa dilakukan melalui tokoh masyarakat, tokoh agama atau pun melalui media siar, radio, televisi, hingga media sosial.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) itu menyampaikan bahwa cuci tangan dengan sabun untuk menghasilkan pola hidup bersih, dapat menjadi investasi jangka panjang bagi kesehatan masyarakat.

Karena itu, kata Bamsoet lagi, hal tersebut harus diajarkan dan ditanamkan sejak dini, dan Pemerintah harus turut berperan serta terkait sosialisasi terhadap hal tersebut.
Baca juga: Bamsoet: Sanksi tegas pelanggar protokol kesehatan pilkada
Baca juga: Bamsoet dorong pemerintah gencarkan sosialisasi protokol kesehatan

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

​​​​​​​Ketua MPR bertemu presiden bahas sidang tahunan format baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar