Jakarta (ANTARA) - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) melalui program Blibli Histeria 10.10 yang berlangsung 10-12 Oktober dilaporkan mengalami pertumbuhan positif, dengan permintaan atau order selama periode promo tersebut meningkat empat kali lipat dibanding transaksi rata-rata year to date (YTD).

"Kami sangat senang melihat antusiasme pelanggan dalam kegiatan ini, sehingga dapat mendukung penjualan seller dan ikut membantu memulihkan perekonomian, sesuai dengan semangat #AyoBersama yang kami gaungkan pada program ini," ujar VP Business Development dan Project Lead Blibli Histeria 10.10, Cindy Kalensang, dalam siaran pers, Jumat.

BlibliMart yang merupakan kategori produk disebutkan kebutuhan sehari-hari atau groceries berhasil mencatat transaksi permintaan tertinggi sepanjang tahun ini.

Order meningkat lima kali lipat dibandingkan permintaan rata-rata harian dengan produk paling laris dibeli adalah minyak goreng, bumbu masak, kopi, susu dan makanan segar.

Selain itu, terdapat tiga kategori produk lainnya yang tumbuh signifikan, yaitu Kesehatan & Kecantikan, Ibu & Anak, dan perangkat teknologi.

Baca juga: Blibli gelar festival belanja untuk rayakan ulang tahun kesembilan

Baca juga: Produk UMKM lokal Blibli tumbuh selama pandemi


"Hal ini juga turut menunjukkan bahwa pelanggan sudah semakin terbiasa dengan cara belanja online, baik itu untuk kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya," Cindy.

Kategori Kesehatan dan Kecantikan yang menyediakan produk kesehatan dan kecantikan bagi pria dan wanita mengalami peningkatan order sebesar tujuh kali lipat YTD, sedangkan kategori Ibu dan Anak meningkat sebanyak enam kali lipat YTD.

Hal ini dikarenakan promo tersebut menjadi kesempatan bagi pelanggan memenuhi kebutuhan terhadap produk multivitamin dan suplemen kesehatan serta produk perawatan tubuh di tengah pandemi.

Selain itu, terdapat pertumbuhan order sebanyak lima kali lipat transaksi rata-rata year to date, pada kategori ponsel, tablet dan wearable gadget, yang menunjukkan pelanggan memanfaatkan kesempatan Histeria 10.10 untuk memaksimalkan produktivitas, khususnya di tengah kondisi work from home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pada Histeria 10.10 tahun ini, menurut Cindy, produk UMKM yang tersedia di kategori Galeri Indonesia juga termasuk salah satu produk yang diburu pelanggan.

"Sebagai bentuk konsistensi mendukung produk lokal yang kami gulirkan dalam kampanye #KarenaLokalNo1, kami juga senang bahwa produk UMKM mendapat apresiasi positif pada Histeria 10.10 yang menjadi rangkaian program Harbolnas," kata Cindy.

"Kami melihat ada rasa apresiasi yang semakin meningkat terhadap produk lokal, dimana dalam periode ini, penjualan produk UMKM meningkat 3 kali lipat dibandingkan dengan Harbolnas tahun sebelumnya," dia melanjutkan.

Blibli berupaya memberikan pengalaman berbelanja melalui berbagai program menarik, seperti lelang, potongan harga, kolaborasi dengan berbagai brand bagi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta pemberdayaan dan dukungan bagi mitra seller untuk meningkatkan transaksi.

Upaya ini merupakan komitmen Blibli untuk memberikan kontribusi kuat dari para peran pelaku industri ritel, sehingga ekonomi bisa pulih kembali.

Pada program ini Blibli juga mewujudkan komitmen pengiriman cepat yaitu hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengantarkan pesanan berupa produk susu UHT Ultra Milk Full Cream 1000 ml.

Hal ini sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, yang mencakup gratis ongkos kirim, pembayaran aman, 100 persen produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.

Blibli juga berencana menghadirkan program belanja dengan konsep one-stop e-shopping entertainment pada Histeria 11.11.

Baca juga: Berhemat di tengah pandemi COVID-19 kini bisa lewat aplikasi

Baca juga: NIKI jadi brand ambassador Blibli

Baca juga: Gandeng Blibli, Jasindo permudah dapatkan asuransi kendaraan bermotor dan property

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020