bisa menjadi contoh yang lain untuk menerima program tes usap dari pemerintah
Temanggung (ANTARA) - Ratusan Santri di Pondok Pesantren Darul Atsar, Desa Salamsari, Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjalani tes usap menjelang pembelajaran tatap muka untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pimpinan Pondok Pesantren Darul Atsar di Desa Salamsari, Kacamatan Kedu, Qomar Zainuddin Abdullah di Temanggung, Jumat, mengatakan sekitar 500 santri menjalani tes usap ini untuk mengawali pembelajaran tatap muka.

Tes usap dilakukan oleh tim medis Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Puskesmas Kedu menggunakan mobil "laboratorium cepat".

"Berdasarkan koordinasi kami dengan puskesmas, kami harus memeriksa setiap santri yang masuk, oleh karena itu dari pihak pemerintah mengadakan program tes usap kepada santri," katanya.

Baca juga: Tes "swab" negatif, 247 santri Ponpes Gontor asal Riau bisa ke Jatim

Baca juga: Kembali ke ponpes, santri baru Tebuireng Jombang wajib tes cepat


Secara umum, katanya alhamdulillah kondisi para santri semuanya sehat.

Ia menuturkan tes usap kepada ratusan santri ini dilakukan secara bertahap, yakni pada 30 September 2020, kemudian tanggal 1, 7, dan 16 Oktober 2020.

"Dengan kegiatan ini kami berharap, sebagai salah satu pesantren, dari pesantren-pesantren yang ada bisa menjadi contoh bagi yang lain untuk menerima program tes usap dari pemerintah," katanya.

Menurut dia kegiatan ini demi kesehatan bersama, khususnya kesehatan para santri di pondok pesantren.

"Dengan demikian, melihat tes usap ini bukan sebagai sesuatu yang menakutkan, tetapi sesuatu yang wajar-wajar saja dan sebagai konsekuensi dari pembelajaran tatap muka di tengah pandemi COVID-19 ini," katanya. 

Baca juga: Pemkot Batam fasilitasi tes cepat COVID-19 gratis untuk santri

Baca juga: 543 santri Gontor ikuti tes cepat COVID-19 di Bekasi

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020