Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan para "riders" bisa menjadi contoh pelaksanaan Empat Pilar MPR RI karena para "Riders" merupakan kelompok masyarakat yang sangat dekat dengan aktivitas masyarakat di jalanan.

"Mendekatkan Empat Pilar MPR kepada para 'riders' sama artinya dengan membumikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1946, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kepada seluruh masyarakat," kata Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Pernyataan itu dikemukanan HNW secara daring saat menyampaikan sosialisasi Empat Pilar MPR dalam kegiatan Temu Tokoh Nasional/Kebangsaan yang berlangsung di Wisma Kemenag Batam Center, Kota Batam, Kepri, Minggu (18/10) malam.

HNW menilai para "riders" setiap hari tidak pernah luput dari kegiatan di jalanan, banyak bergaul dengan berbagai kelompok masyarakat yang juga menggunakan jalan.

Menurut dia, para "riders" ikut menentukan baik buruknya pergaulan di jalanan, apalagi mereka juga memilki berbagai acara, mulai dari touring, kumpul-kumpul hingga kegiatan sosial.

“Jika para Riders mengejawantahkan nilai-nilai Empat Pilar dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan kehidupan jalanan yang lebih baik, mengedepankan sikap saling menghormati dan menghargai, saling menolong dan menghindari keributan, mereka itu akan menjadi contoh bagi masyarakat luas, untuk ikut mengamalkan nilai-nilai Empat Pilar," ujarnya.

Selain itu HNW mengingatkan, jelang Pilkada Serentak 2020, sejak reformasi, masyarakat Indonesia memegang kedaulatannya sendiri bisa menentukan pemimpinnya melalui pilkada.

Karena itu Hidayat berpesan agar seluruh masyarakat memanfaatkan hak pilihnya dengan baik dan benar.

"Pilihlah calon-calon kepala daerah yang memiliki kemapuan dan rekam jejak yang jelas. Jangan menjual murah hak pilih yang dimiliki, untuk kepentingan sesaat," katanya.

Dia meminta masyarakat jangan "golput", jangan memubazirkan hak pilih yang dimiliki, jangan sampai ada suara yang disepelekan sehingga gunakan hak pilih untuk menjadikan calon terbaik sebagai pemimpin.

Namun dia mengingatkan, selama proses Pilkada, masyarakat harus tetap berhati-hati, jangan sampai menambah klaster baru COVID-19. Karena itu menurut dia, seluruh masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan, agar tidak terpapar penyakit yang mematikan.

Acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI itu terselenggara berkat kerjasama MPR dengan Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid: Tidak sulit pahami dan laksanakan Pancasila

Baca juga: MPR: 4 konsensus kebangsaan relevan jawab tantangan pandemi

Baca juga: Gus Jazil: Empat Pilar hasil ijtihad kiai dan alim ulama

Baca juga: MPR ajak komunitas motor terapkan nilai Empat Pilar


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020