Liga Champions

Grup F Liga Champions: Dortmund dan Lazio berpeluang melenggang mulus

Grup F Liga Champions: Dortmund dan Lazio berpeluang melenggang mulus

Ilustrasi Grup F Liga Champions 2020/21 yang berisikan Zenit St. Petersburg, Borussia Dortmund, Lazio dan Club Brugge. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund dan Lazio berpeluang besar melenggang mulus dari Grup F Liga Champions, dengan mempertimbangkan kekuatan terkini dan sejarah dua pesaingnya Club Brugge dan Zenit St Petersburg.

Dortmund kini sudah tidak lagi diperkuat Achraf Hakimi yang pindah ke Inter Milan dan Mario Goetze yang hijrah ke PSV Eindhoven. Namun mereka jelas masih memiliki potensi besar untuk berbicara banyak di Liga Champions musim ini.

Selain mendatangkan Jude Bellingham, Thomas Meunier, dan Reiner, Dortmund juga masih diperkuat pilar-pilar utama seperti Jadon Sancho, Erling Haaland, dan Axel Witsel. Modal yang cukup untuk setidaknya meloloskan mereka ke 16 besar.

Baca juga: Dortmund kontrak pemain remaja Birmingham Jude Bellingham

Mereka juga menghadapi laga perdana Liga Champions melawan Lazio pada Rabu (21/10) dengan nuansa optimistis. Setelah takluk pada pertandingan pekan kedua Liga Jerman, Dortmund mampu memenangi dua laga selanjutnya yakni menang 4-0 atas Freiburg dan menang 1-0 atas Hoffenheim.

Dortmund juga jelas memiliki kerinduan sendiri untuk mampu melaju jauh di kompetisi elit Eropa tersebut. Setelah mengangkat "Si Kuping Besar" pada 1996/1997, pencapaian terbaik Dortmund adalah finalis pada 2012/2013.

Secara hitung-hitungan, mungkin hanya Lazio yang mampu menjadi pesaing serius Dortmund di Grup F.

Klub asal ibukota Italia itu tidak banyak merombak tim untuk menghadapi musim 2020/2021. Selain Andres Pereira yang dipinjam dari Manchester United, nama-nama pemain anyar Lazio tergolong jarang dikenal publik luas seperti Vedat Muriqi dan Mohamed Fares.

Baca juga: Lazio umumkan skuad Liga Champions 2020/2021

Walhasil, Lazio tampil tidak meyakinkan pada awal musim Liga Italia. Setelah membuka musim dengan kemenangan 2-0 atas Cagliari, kemenangan tidak pernah lagi hinggap ke kubu Lazio sampai putaran keempat.

Mereka bahkan harus menghadapi laga pembukaan melawan Dortmund dengan moral yang berantakan, setelah pada penampilan terakhir di Liga Italia dihantam 0-3 oleh Sampdoria. Saat ini, Lazio menghuni posisi ke-14 di klasemen sementara Liga Italia.

Jika tidak berhati-hati, Lazio berpeluang terpeleset di fase grup, dan harus melanjutkan partisipasi di Eropa dengan tampil di Liga Europa. Sesuatu yang telah mereka lakukan dalam tiga musim terakhir.

Jawara Belgia Club Brugge kembali ke Liga Champions setelah pada musim lalu gagal berpartisipasi. Brugge lebih banyak mendatangkan pemain-pemain muda dalam diri Noa Lang, Senne Lammens, dan Thomas van den Keybus. Sisanya mereka lebih mengandalkan pemain-pemain senior seperti Krepin Diatta, Ruud Vormer, dan Emmanuel Bonaventura Dennis.

Baca juga: Hasil undian grup Liga Champions: duel Ronaldo vs Messi terjadi lagi

Di Liga Belgia, Brugge saat ini berbagi posisi puncak dengan Sporting Charleroi dengan koleksi 19 poin. Namun pada pertandingan terakhir, Brugge harus rela ditahan imbang 1-1 oleh Standard Liege.

Mereka juga tidak akan diperkuat kiper kawakan Simon Mignolet pada pertandingan pembukaan Liga Champions. Mantan penjaga gawang Liverpool itu kedapatan terinfeksi COVID-19.

Di atas kertas, wakil Rusia Zenit St Petersburg menjadi yang terlemah di Grup F. Pada awal musim, Zenit juga melepas pemain pentingnya Hernani ke Parma, meski mereka juga mendatangkan Wendel dari Sporting Lisbon dan Dejan Lovren dari Liverpool.

Sebagaimana Brugge, Zenit juga memuncaki klasemen sementara Liga Rusia, dengan berbagi posisi bersama Spartak Moscow. Mereka juga memiliki bekal moral yang bagus untuk menatap laga perdana setelah menang 3-1 atas Sochi di liga domestik.

Pencapaian terbaik Zenit di Liga Champions adalah 16 besar pada musim 2011/2012 dan 2015/2016. Melihat peta kekuatan di Grup F, agaknya saat ini Zenit belum mampu untuk mempertajam catatan tersebut.

Baca juga: Grup E Liga Champions: beban belanja mahal Chelsea

Berikut jadwal pertandingan sementara Grup E Liga Champions 2020/21 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Selasa (20/10) Zenit St. Petersburg vs Club Brugge
Rabu (21/10 Lazio vs Borussia Dortmund
Kamis (29/10) Borussia Dortmund vs Zenit St. Petersburg
Kamis (29/10) Club Brugge vs Lazio
Kamis (5/11) Zenit St. Petersburg vs Lazio
Kamis (5/11) Club Brugge vs Borussia Dortmund
Rabu (24/11) Lazio vs Zenit St. Petersburg
Rabu (24/11) Borussia Dortmund vs Club Brugge
Kamis (3/12) Borussia Dortmund vs Lazio
Kamis (3/12) Club Brugge vs Zenit St. Petersburg
Rabu (9/12) Zenit St. Petersburg vs Borussia Dortmund
Rabu (9/12) Lazio vs Club Brugge

Baca juga: Grup G Liga Champions: reuni mini Messi vs Ronaldo
Baca juga: Grup H Liga Champions: Restart PSG gapai mimpi angkat si kuping besar

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar