Kemarin, vaksin gratis COVID-19 hingga ketetapan cuti bersama Oktober

Kemarin, vaksin gratis COVID-19 hingga ketetapan cuti bersama Oktober

Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. ANTARA/Shutterstock/am.

untuk vaksin gratis, urusan Menteri Kesehatan. Untuk yang mandiri, yang bayar, itu urusan BUMN
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin (19/10) yang menarik untuk dibaca pagi ini di antaranya menyoal vaksin gratis COVID-19, keamanan dan kehalalan vaksin COVID-19, tidak ada perubahan cuti bersama akhir Oktober 2020, dan percepatan penyaluran bantuan sosial pada Oktober 2020.

​​​​​​Berikut berita-berita humaniora yang masih layak dibaca Selasa ini:

Presiden: Vaksin COVID-19 gratis untuk rakyat urusan Menkes

Presiden RI Joko Widodo dalam Rapat Terbatas di Jakarta, Senin mengatakan tanggung jawab pengadaan vaksin harus jelas ditentukan sejak dini dan pengadaan vaksin COVID-19 gratis untuk rakyat akan menjadi urusan Menteri Kesehatan.

"Perlu saya ingatkan dalam pengadaan vaksin ini mestinya harus segera jelas. Kalau menurut saya, untuk vaksin yang gratis, untuk rakyat, urusan Menteri Kesehatan. Untuk yang mandiri, yang bayar itu urusannya BUMN," ujarnya.

Dia mengatakan dengan penentuan tersebut, maka siapa yang bertanggungjawab atas pengadaan vaksin menjadi jelas.

Baca berita: di sini
 

BPOM-MUI-Kemenag akan pastikan keamanan-kehalalan vaksin COVID-19

Kementerian Kesehatan menyatakan Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) beserta Kementerian Agama akan memastikan keamanan vaksin dari segi keselamatan orang yang akan divaksinasi dan memastikan kehalalannya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin, mengatakan saat ini tim BPOM-MUI-Kementerian Agama sedang brada di China untuk melakukan inspeksi pada perusahaan produsen vaksin dan meminta berbagai macam data mengenai produksi vaksin yang dibuat.

Simak berita: di sini
 

Pemerintah tidak ubah ketetapan cuti bersama pada akhir Oktober

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah tidak mengubah ketetapan mengenai cuti bersama dari tanggal 28 Oktober 2020 sampai 1 November 2020.

"Rapat Terbatas sesuai arahan Presiden menetapkan bahwa cuti dan libur dalam kaitan dengan peringatan Maulid Nabi tetap dilaksanakan, tidak ada perubahan," katanya di Jakarta, Senin, dalam konferensi pers seusai rapat kabinet terbatas.

Cek berita: di sini


Kemensos percepat penyaluran bansos beras kejar realisasi 100 persen

Kementerian Sosial mempercepat dan meningkatkan penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) tahap III untuk mencapai target realisasi 100 persen pada Oktober 2020.

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin menyampaikan untuk terus mempercepat dan meningkatkan penyaluran BSB agar dapat terealisasi 100 persen pada bulan Oktober.

Simak berita: di sini
 

Pemerintah sasar 9,1 juta orang dalam vaksinasi COVID-19 pada November

Pemerintah berencana melakukan vaksinasi COVID-19 pada 9,1 juta orang dengan kategori berisiko tinggi tertular virus corona tipe SARS CoV-2 pada akhir November 2020.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta, Senin, menjelaskan bahwa kelompok pertama yang akan divaksinasi adalah tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan penanganan pasien COVID-19 dan tenaga laboratorium yang terlibat dalam pemeriksaan untuk mendeteksi penularan COVID-19.

Cek berita: di sini
 

Presiden : Cegah kasus COVID-19 naik di libur panjang akhir Oktober

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk mencegah terjadinya lonjakan kenaikan kasus penularan COVID-19 saat libur panjang selama lima hari, sejak Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11) 2020.

“Kita memiliki pengalaman kemarin, libur panjang 1,5 bulan lalu (akhir Agustus 2020), mungkin setelah itu terjadi kenaikan (kasus COVID-19) yang agak tinggi,” kata Presiden dalam rapat terbatas mengenai Antisipasi Penyebaran COVID-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober 2020 di Jakarta, Senin.

Baca berita: di sini

Baca juga: Angka kesembuhan pasien COVID-19 Sulut capai 84,4 persen

Baca juga: Basarnas Gorontalo evakuasi tujuh nelayan di Laut Sulawesi


 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar