tercatat 40 kasus yang dirawat dan 80 kasus menjalani isolasi
Kudus (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat jumlah warga terinfeksi virus corona bertambah 21 orang sehingga total menjadi 1.876 kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

"Dari jumlah kasus aktif terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak itu, tercatat 40 kasus yang dirawat dan 80 kasus menjalani isolasi," kata Juru Bicara Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi di Kudus, Selasa.

Meskipun jumlah kasus secara keseluruhan cenderung bertambah, kata dia, tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Kudus juga semakin meningkat.

Baca juga: Tak ada kasus COVID-19 dari peserta demo di Kudus-Jateng

Baca juga: ASN positif COVID-19 di Kudus capai 37 orang


Hingga saat ini, kata dia, jumlah warga yang sembuh dari COVID-19 mencapai 1.542 kasus, sedangkan pekan ini ada 11 kasus COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

Sementara kasus meninggal dunia, kata dia, hingga kini tercatat sebanyak 214 kasus.

Menurut dia, untuk menghindari terjadi penularan, maka warga harus meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan untuk menekan kasus COVID-19.

Baca juga: Dari belasan, ASN Kudus-Jateng positif COVID-19 naik jadi 27 kasus

Baca juga: Muncul klaster bagian hukum setda Kudus dengan enam positif COVID-19


"Jangan lupa selalu memakai masker saat berada di tempat umum dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan cairan pembersih tangan selama minimal 20 detik terutama setelah menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang," ujarnya.

Ia juga mengingatkan jangan pernah menyentuh daerah wajah terutama mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.

Dalam rangka menjaga daya tahan tubuh tetap optimal, masyarakat juga diminta selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup. 

Baca juga: Yogyakarta ingatkan perkantoran rutin evaluasi protokol kesehatan

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020