Jakarta (ANTARA) - Jerawat bisa tumbuh di wajah bagian manapun termasuk alis, bila terjadi secara berulang maka harus dicari tahu penyebabnya.

Jerawat disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat dengan minyak dan bakteri. Untuk mengatasinya, Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada alis.

Threading dan waxing

Jika Anda memiliki kulit sensitif, threading dan waxing mungkin yang menyebabkan jerawat pada alis. Untuk menghindari jerawat, Anda bisa melakukan eksfoliasi satu atau dua hari sebelum melakukan threading. Setelah selesai, oleskan gel lidah buaya atau es batu untuk menenangkan kulit, demikian dilansir Boldsky.

Baca juga: Lima langkah atasi "maskne"

Baca juga: Manfaat daun neem dan kunyit untuk basmi jerawat


Produk alis

Produk yang digunakan pada pensil alis mungkin menjadi penyebab dari masalah kulit yang dihadapi. Produk alis Anda mungkin mengandung bahan komedogenik atau bahan yang menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat.

​​​​​​Sebelum membeli produk perawatan untuk alis, pilihlah produk dengan bahan nonkomedogenik.

Peralatan alis yang kotor

Jika Anda malas membersihkan peralatan riasan, bisa jadi itu adalah salah satu penyebabnya. Bakteri yang terkandung dalam alat yang kotor dipindahkan ke alis Anda. Investasi bakteri ini menyebabkan berbagai masalah kulit termasuk jerawat. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan kuas, setidaknya sekali seminggu dan Anda tidak akan pernah menghadapi masalah ini lagi.

Membersihkan alis

Saat mencuci wajah, bagian alis mungkin tidak terlalu diperhatikan untuk dibersihkan dan hanya sekadarnya saja. Mulai sekarang bersihkan alis Anda dengan benar setiap malam sebelum tidur.

Dengan cara ini Anda dapat menata alis sesuai keinginan tanpa harus khawatir akan menyumbat folikel rambut dan menyebabkan jerawat.

Rambut yang tumbuh ke dalam

Seutas rambut yang tersangkut di bawah kulit menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Rambut yang tumbuh ke dalam ini dapat menarik kotoran, bakteri, dan sel kulit mati yang berada di dalam folikel rambut sehingga menimbulkan jerawat di alis.

Eksfoliasi adalah cara paling populer untuk menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam. Jika Anda terus menerus berjerawat, pastikan untuk melakukan eksfoliasi seminggu sekali.

Baca juga: Kenali penyebab jerawat di hidung dan cara mencegahnya

Baca juga: Sebelum mengobati, kenali penyebab jerawat di dahi

Baca juga: Empat kebiasaan yang memicu jerawat


Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020