Jakarta (ANTARA) - XL Axiata menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menggunakan SAP S/4 HANA Cloud sebagai bagian dari strategi perusahaan menjadi pelopor di industri telko dan memimpin transformasi digital.

“Dengan SAP S/4HANA Cloud, kami memiliki teknologi yang handal dari penyedia layanan perencanaan sumber daya perusahaan atau ERP terbaik di dunia untuk membantu kami mentransfromasi proses bisnis kami di seluruh operasional," kata Director & Chief Information-Digital Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya dalam keterangan pers virtual di Jakarta, Selasa.

Keputusan untuk beralih ke cloud, katanya, juga membuat perusahaan bisa mempunyai keunggulan yang sangat besar di segmen pasar pra bayar yang sangat dinamis dan tumbuh pesat di Indonesia.

Keunggulan lainnya dari SAP S/4 HANA Cloud adalah memberikan infrastruktur teknologi informasi/TI yang lebih sederhana dan efisien, yang mampu menyediakan source of truth tunggal bagi keuangan ataupun data perusahaan lainnya, membantu managemen untuk membuat keputusan yang lebih strategis lewat input dari dashboard keuangan yang memberikan wawasan secara realtime, yang pada akhirnya membuat XL Axiata lebih lincah dalam merespon pasar.

Selain itu, katanya, layanan cloud ini membantu XL Axiata untuk memenuhi peraturan International Financial Reporting Standards (IFRS) 16.

Dia mengatakan, sebagai pemimpin di industri telko yang sangat dinamis dan penuh dengan tuntutan, dengan lebih dari 56,7 juta pelanggan di seluruh Indonesia, perusahaan telah menjadikan transformasi digital perusahaan sebagai bagian utama dari strategi bisnis mereka yang pada akhirnya akan memberikan efisiensi dan efektivitas yang lebih baik untuk tata kelola yang baik, pengambilan keputusan dan aktivitas operasional yang lebih baik.

Dengan transformasi digital, perusahaan kembali memilih SAP untuk solusi ERP berbasis cloud dan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan secara end to end dimana saat perusahaan telah menggunakan layanan SAP untuk seluruh proses bisnis mulai dari order to cash, procure to pay, record to report dan hire to retire.

XL Axiata juga telah menggunakan solusi Line of Business (LoB) SAP Cloud lainnya seperti Success Factors untuk solusi operasional HR yang mencakup seluruh proses mulai dari hire hingga retire, dan SAP Concur untuk manajemen berbagai pengeluaran mulai dari perjalanan dinas hingga reimbursements – semuanya terintegrasi dengan SAP S/4HANA Cloud.

“Kami memperoleh dukungan penuh dari jajaran direksi sejak awal proyek ini, namun kolaborasi yang kuat antara tim SAP Services dan kerja keras yang luar biasa dari karyawan kami membuat ini semua terlaksana,” kata Yosetya.

Managing Director SAP Indonesia Andreas Diantoro, mengatakan sebagai perusahaan telko pertama yang mengimplementasikan SAP S/4HANA Cloud tidak hanya di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara, menunjukan bahwa manajemen memiliki visi jauh ke depan untuk memimpin kemajuan operasional mereka di kawasan.

Baca juga: XL Axiata dukung program pemerintah bidang telematika
Baca juga: XL Axiata luncurkan Live.On, layanan digital buat pengguna kuota besar

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2020