Riau catatkan 635 pasien COVID-19 sembuh dalam sehari

Riau catatkan 635 pasien COVID-19 sembuh dalam sehari

Seorang warga sambil menggendong bayinya menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor POS Pekanbaru, Riau, Senin (19/10/2020). ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.

Pekanbaru (ANTARA) - Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Riau menyatakan terjadi kemajuan dalam penanganan pasien COVID-19 di daerah itu, karena 635 orang yang dinyatakan sembuh pada Selasa, dan merupakan jumlah tertinggi sejauh ini.

"Alhamdulillah tren pasien sembuh di Riau kembali meningkat. Sedangkan angka pasien positif baru mulai melandai bahkan relatif menurun dari hari sebelumnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan jumlah pasien sembuh di Riau pada Selasa jauh lebih tinggi dari penambahan kasus baru. Ia mengatakan ada 167 pasien baru yang terkonfirmasi COVID-19, dan tiga orang meninggal dunia.

Ia berharap dengan upaya bersama pemerintah dan dukungan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, bisa secara bersama memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Dengan penambahan hari ini, total pasien COVID-19 yang sudah sembuh di Riau sudah menembus angka 8.049 orang secara akumulatif.

Baca juga: Riau terapkan tiga strategi pengendalian Karhutla di masa pandemi

Baca juga: Gubernur Riau terbitkan maklumat larangan berkumpul cegah COVID-19


“Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 mencapai 67,1 persen,” katanya.

Sedangkan untuk total jumlah kasus secara akumulatif pasien positif COVID-19 di Riau hingga saat ini sebanyak 11.997. Pasien yang masih dirawat di rumah sakit mencapai 1.124 orang, dan yang isolasi mandiri 2.554 orang. Sementara itu, kasus kematian secara keseluruhan sebanyak 270 orang.

Kemudian total spesimen yang sudah diperiksa di laboratorium biomolekuler mencapai 125.369. Pada Selasa terdapat 1.410 pemeriksaan spesimen, sedangkan orang yang diperiksa mencapai 1.055 orang.

Penyebaran kasus COVID-19 di Riau masih merata di 12 kabupaten dan kota. Namun, daerah terbanyak masih di Kota Pekanbaru yang kini tercatat ada 6.054 kasus terkonfirmasi COVID-19. Kota Pekanbaru hingga kini masih jadi zona merah pandemi di Riau.

Dari jumlah tersebut, jumlah pasien yang sudah dinyatakan sembuh di Pekanbaru ada 3.757 orang dan yang meninggal 137 orang.*

Baca juga: Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 Riau capai 61,2 persen

Baca juga: Riau antisipasi lonjakan penularan COVID-19 selama pilkada


Pewarta: FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar