Menteri Teten: Pembangunan SDM kunci kemajuan Indonesia di masa depan

Menteri Teten: Pembangunan SDM kunci kemajuan Indonesia di masa depan

Tangkapan layar - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Festival Kewirausahaan Astra yang digelar secara virtual. Dokumentasi PT Astra International Tbk

SDM unggul tentunya memiliki korelasi erat dengan peningkatan produktivitas kerja dalam memenangkan persaingan pasar.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci bagi kemajuan bangsa Indonesia di masa depan.

"Saya kira ini sangat penting di masa pandemi COVID-19 ini, pembangunan SDM adalah kunci kemajuan bangsa Indonesia di masa depan," ujar Teten dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Menkop UKM, SDM yang unggul juga merupakan kunci untuk memenangkan persaingan pasar.

"SDM unggul tentunya memiliki korelasi erat dengan peningkatan produktivitas kerja dalam memenangkan persaingan pasar," kata Teten dalam Festival Kewirausahaan Astra.

Baca juga: Menteri Teten: Kemudahan izin UU Cipta Kerja dorong transformasi UMKM

Festival Kewirausahaan Astra dengan tema "How to Build an Impactful Business" digelar secara virtual oleh PT Astra International Tbk pada Rabu (21/10).

Festival ini merupakan salah satu bentuk nyata dari empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kewirausahaan. Hingga saat ini, Grup Astra membina sekitar 12.873 UMKM binaan.

Dalam festival tersebut, Menkop UKM Teten Masduki menyaksikan penandatanganan perjanjian Memorandum of Understanding (MoU) antara Astra dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah RI. Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama terkait pengembangan Desa Sejahtera Astra klaster kopi dan pengembangan digitalisasi koperasi.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata usaha Astra dalam melakukan pembinaan kewirausahaan bagi UMKM yang ada di Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Baca juga: Wujudkan SDM andal, Kementerian ESDM gelar pelatihan instalasi listrik

Riza mengatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan butir pertama filosofi Astra Catur Dharma, yakni Menjadi Aset yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Berbagai lomba dan kegiatan juga diadakan dalam rangka festival ini. Seperti pameran produk UMKM virtual, lomba inovasi bisnis sederhana dan disabilitas, lomba foto barang UMKM, workshop digital marketing dan foto produk, pengumuman Astra Startup Challenge (ASC) sertapeluncuran Koperasi AKU BISA dan Komunitas Insan Madani.Finalis ASC terpilih akan mendapatkan pendanaan dari Astra Ventura.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkop dorong pelaku koperasi melek digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar