Polisi kantongi identitas pembuang sampah di Kalimalang Bekasi

Polisi kantongi identitas pembuang sampah di Kalimalang Bekasi

Warga menonton video viral pembuang sampah di media sosial. (Foto: Pradita Kurniawan Syah).

Saya tahu, saya sudah tahu datanya cuma kita harus tahu dulu itu sampah apa
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kepolisian Resor Metro Bekasi telah mengantongi identitas pembuang sejumlah kantong plastik besar diduga berisi sampah di Kalimalang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang videonya beredar luas di media sosial setelah diunggah warga yang melintas.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Dwi Prasetya mengaku telah melakukan pemeriksaan data berdasarkan pelat nomor polisi yang tertera dalam video tersebut.

"Saya tahu, saya sudah tahu datanya cuma kita harus tahu dulu itu sampah apa," katanya di Cikarang, Rabu.

Pihaknya tengah mengumpulkan data dan bahan keterangan terkait pembuangan sampah di sungai tersebut, dan jika menemukan unsur pidana maka petugas akan segera menindaklanjuti.

"Pertanyaannya ini nanti kita dasar untuk orangnya ini apa dulu, kalau melanggar perda kita sampaikan ke bagian kebersihan tapi kalau ada pidana-nya baru kita bisa tindaklanjuti," ungkapnya.

Dwi mengatakan telah menginstruksikan petugas di lapangan untuk mencari tahu lokasi persis pembuangan sampah sekaligus mengidentifikasi jenis sampah yang dibuang.

Apabila sampah tersebut tergolong sampah domestik, pihaknya akan menyerahkannya kepada penegak peraturan daerah yakni Satpol PP dengan berkoordinasi bersama Dinas Lingkungan Hidup namun jika mengandung limbah B3 dapat dikatagorikan pidana lingkungan hidup.

"Yo kita kan cari pelanggaran-nya apa dulu, ini kan apakah itu masuk pidana, kalau masuk pidana di lingkungan hidup kan kalau mengandung limbah B3, kita belum tahu sampahnya apa," ucap-nya.

Pihaknya juga akan melakukan pemanggilan terhadap pemilik kendaraan yang identitas-nya telah diketahui tersebut untuk menanyakan jenis sampah yang dibuang.

"Iya nanti makanya mau kita tanya dulu, termasuk lokasi-lokasinya dimana, harus kita cek dulu," kata dia.

Warga Kabupaten Bekasi tengah dihebohkan oleh video yang viral di media sosial menampilkan pengendara mobil box yang sedang membuang sejumlah karung "berisi" sampah ke Kalimalang.

Dalam rekaman video itu terlihat salah satu penumpang mobil bernomor polisi B-9338-FFC melempar empat karung sampah ke dalam sungai. Dari video itu pula diketahui lokasi pembuangan sampah diduga berada di Jalan Inspeksi Kalimalang.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar