akan menjadi salah satu solusi masa depan dalam memproduksi pangan dari komoditas hasil laut secara masif
Jakarta (ANTARA) - Dr Joel, peneliti lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mendirikan tim riset Elon Farm, mengembangkan marine aquagriculture yang disebutnya sebagai pertanian modern berbasis air laut.

"Metode ini sudah berjalan dan sudah berkembang di beberapa titik skala industri di kawasan Bogor, Jawa Barat," kata Joel dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia berharap metode tersebut mampu menjawab ancaman kelangkaan pangan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19.

Terlebih saat ini, ketika hampir seluruh negara mengalami kecemasan akan ketersediaan pangan sehingga isu ketahanan pangan menjadi sentral di hampir semua negara di dunia. Sehingga wajar jika semua negara seakan berlomba melakukan inovasi teknologi dalam memproduksi pangan.

Tak ketinggalan Indonesia, masyarakatnya terus berinovasi dalam upaya pencapaian kedaulatan dan kemandirian pangan agar ketahanan pangan bisa tercapai dan terjaga termasuk yang dilakukan Tim Riset Elon Farm.

Joel mengatakan inovasi Tim Riset Elon Farm ini sebelumnya telah sukses dalam membuat metode Freshwater Aquagriculture yang bisa mengoptimalkan lahan dalam sebuah ekosistem resirkulasi air dan membudidayakan setidaknya empat komoditas seperti ikan, udang galah, sayuran, dan mutiara air tawar dalam satu sistem.

Langkah selanjutnya, kata Joel, Elon Farm sedang mengembangkan Marine Aquagriculture, sebuah terobosan metode yang sama dengan Freshwater Aquagriculture.

Perbedaannya, Marine Aquagriculture menggunakan air laut dan komoditas yang dikultur adalah ikan kerapu, kerang abalon, tiram mutiara, dan anggur laut.


"Marine Aquaponic akan menjadi salah satu solusi masa depan dalam memproduksi pangan dari komoditas hasil laut secara masif untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor,” katanya.

Marine Aquagriculture selain untuk tujuan produksi pangan berbasis air laut, dengan fasilitas yang modern dan bersih juga akan sangat baik jika digabungkan dengan marine ecotorism. Hal itu sekaligus bisa menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

"Kami bersama tim saat ini sedang melakukan instalasi sistem. Semoga inovasi ini sebagai tonggak kemajuan bangsa Indonesia khususnya di dunia ketahanan pangan, dan hasilnya akan terlihat petengarhan Desember 2020 ini,” kata Joel.

Baca juga: KKP: Paradigma bangun akuakultur harus perhatikan lingkungan
Baca juga: KKP kembangkan asuransi mikro akuakultur bagi pembudidaya perikanan
Baca juga: Sektor perikanan budi daya yang terus merekah

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020