BMKG: Waspadai hujan disertai badai petir di Sumut

BMKG: Waspadai hujan disertai badai petir di Sumut

Seorang warga berjalan melintasi genangan air di Jalan Balaikota Medan, Sumatera Utara, Jumat (5/10/2018). ANTARA FOTO/Septianda Perdana/wsj/aa.

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika meminta masyarakat mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di Wilayah pegunungan, lereng timur, Pantai Timur Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Berdasarkan keterangan tertulis yang disampaikan BMKG Sumatera Utara, Kamis, cuaca pada siang hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

Kondisi itu dapat terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Medan, Binjai, Dairi, Karo, Simalungun, Sergai, Batubara, Asahan, Labuhan Batu, Labura, Toba, Samosir.

Baca juga: BMKG: Dampak fenomena La Nina tak sampai ke Aceh

Sementara sore hingga malam hari akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Kondisi itu akan terjadi di wilayah Langkat, Medan, Deli Serdang, Binjai, Sergai, Simalungun, Asahan, Batubara, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Samosir, Toba, Humbahas, Taput, Labuhanbatu, Labura dan wilayah lain berpotensi terjadi berawan hingga hujan ringan.

Dini hari diperkirakan berawan hinga hujan ringan di wilayah Langkat, Deli Serdang, Medan, Binjai, Sergai, Dairi, Karo, Simalungun.

Sementara prakiraan gelombang laut di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh , Samudera Hindia barat Nias setinggi 2,5-4,0 meter.

Selat Malaka bagian Utara, Perairan Meulaboh-Sinabang, Perairan Nias-Sibolga setinggi 1,25-2,5 meter dan di perairan Sabang-Banda Aceh, Selat Malaka bagian Tengah, Perairan Lhokseumawe setinggi 0,5- 1,25 meter.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan petir di empat wilayah Jakarta
Baca juga: Musim bencana, BNPB ajak warga selalu ikuti informasi dari BMKG

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG sebut peningkatan aktivitas vulkanik Merapi pengaruhi cuaca lokal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar