Truecaller tambah fitur baru "Call Reason"

Truecaller tambah fitur baru "Call Reason"

Fitur Call Reason pada aplikasi Truecaller. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Truecaller, penyedia aplikasi pengidentifikasi telepon dan spam, menambahkan fitur baru bernama “Call Reason”, yang memungkinkan pengguna menyantumkan alasan mereka menelpon sehingga penerima bisa mengetahui maksud panggilan tersebut.

Fitur terbaru ini merupakan inovasi cerdas bagi industri komunikasi dan diperkirakan bisa menjadi fungsi yang populer diadopsi oleh aplikasi-aplikasi lain di masa mendatang.

Fitur Call Reason memungkinkan pengguna untuk menyertakan alasan mereka menelepon, supaya penerima telepon dapat mengidentifikasi panggilan tersebut, apakah termasuk panggilan personal, bisnis, atau terkait urusan yang mendesak.

Fitur itu akan membantu penerima mengangkat telepon penting, terutama dari nomor yang tak dikenal.

“Call Reason adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna Truecaller di seluruh dunia. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mencantumkan sebuah catatan saat menelepon. Pihak perusahaan dan institusi juga dapat memasukkan pesan unik sebelum melakukan panggilan, supaya mereka bisa berinteraksi dengan lebih baik dengan para pelanggan,” kata Chief Product Officer Truecaller, Rishit Jhunjhunwala, dalam pernyataan pers, dikutip Jumat.

Baca juga: Indonesia urutan tiga penerima telepon "spam" terbanyak dunia

Baca juga: Google kembangkan fitur deteksi telepon spam


“Kami bangga dapat meluncurkan fitur baru ini, yang kami yakini akan menjadi fitur revolusioner dalam industri telekomunikasi. Harapannya, fitur Call Reason dapat menjadikan setiap percakapan lebih efektif dan bermanfaat bagi kedua pihak,” katnaya.

Di era digital sekarang ini, banyak aplikasi transportasi online atau pengantaran makanan yang mengharuskan pengguna untuk berkomunikasi dengan kurir menggunakan panggilan telepon. Orang Indonesia yang rata-rata menerima 27,9 panggilan spam setiap bulan, menginginkan cara yang lebih mudah untuk membedakan panggilan penting, misalnya ketika mereka menerima telepon dari bank terkait penipuan kartu kredit.

Fitur Call Reason sekarang sudah tersedia untuk pengguna Android, sedangkan untuk pemakai perangkat iOS akan tersedia awal tahun depan.

Bersamaan dengan Call Reason, Truecaller juga meluncurkan dua fitur tambahan baru: SMS Schedule dan SMS Translate. Dengan fitur SMS Schedule, pengguna dapat menjadwalkan pengiriman SMS pengingat tentang jadwal acara, rapat, sampai daftar belanjaan yang perlu dibeli.

Sementara fitur SMS Translate memungkinkan pengguna untuk langsung menerjemahkan pesan yang mereka terima ke bahasa lain tanpa meninggalkan aplikasi Truecaller. Kedua fitur ini dapat digunakan untuk pengiriman SMS dan pesan instan (IM), dan tersedia secara gratis untuk semua pengguna.

“Di tahun 2020, komunikasi memang menjadi lebih mudah dalam banyak hal, tapi juga di saat yang sama menjadi lebih rumit. Kami tetap setia menjalankan misi utama perusahaan, yaitu membantu pengguna di seluruh dunia memerangi panggilan spam dan penipuan, sehingga bisa menciptakan komunikasi yang lancar dan lebih produktif,” tambah Rishit.

Saat ini, Truecaller memiliki total 250 juta pengguna aktif. Aplikasi ini mengidentifikasi lebih dari 3 miliar panggilan telepon dan SMS, serta memblokir 100 juta panggilan spam dan penipuan setiap harinya.

Baca juga: Google perkenalkan fitur baru untuk lindungi Pesan dari spam

Baca juga: WhatsApp terancam bahaya spyware lewat panggilan telepon

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar