Aura kasih dan Vicky Shu bagikan tips menyanyi lewat platform video

Aura kasih dan Vicky Shu bagikan tips menyanyi lewat platform video

Vicky Shu, Tasya Rosmala dan Aura kasih bagikan tips menyanyi lewat platform video pendek. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah penyanyi tanah air yakni Vicky Shu, Aura Kasih, dan Tasya Rosmala membagikan pengalaman dan tips menyanyi melalui video yang mereka unggah melalui platform untuk membuat video pendek, Likee.

Hal ini sebagai bagian dari kegiatan #LikeeMusicAcademy yang berlangsung hingga hari ini untuk memungkinkan para penyanyi profesional membagikan tips bernyanyi untuk pengguna.

"Saya senang melihat adanya aplikasi seperti Likee yang menjadi sarana bagi penggunanya untuk menekuni bakatnya dan berbagi konten-konten edukatif kepada masyarakat, khususnya kawula muda yang sering membuat video pendek. Mendapatkan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan #LikeeMusicAcademy, tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan," kata Vicky dalam siaran persnya, ditulis Sabtu.

Menurut dia, cara ini bisa membantu pengguna Likee mengekspresikan diri dan mengasah bakat menyanyi mereka. Dia berharap tips yang dia bagikan melalui video bisa bermanfaat dan dapat diaplikasikan ketika mereka bernyanyi.

Hal senada diungkapkan Marketing Director of Likee Indonesia, Theon Hsu. Dia berharap tips yang dibagikan para penyanyi profesional dapat mendorong para pengguna di Indonesia untuk mengasah dan menyalurkan potensi mereka.

"Semoga para pengguna dapat bersenang-senang ketika membuat video pendek di Likee dengan cara yang sederhana dan menyenangkan, yang senantiasa kami hadirkan," ujar dia.

Baca juga: Aura Kasih lihat peluang di masa pandemi

Baca juga: Unggah "Renjana", Aura Kasih ucapkan selamat tinggal pada Glenn Fredly


Tips menyanyi

Selain mempelajari tips dari para penyanyi, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan dalam dunia tarik suara itu dengan menerapkan teknik pernapasan serta postur tubuh yang tepat.

Sebelum mulai bernyanyi, sebaiknya pelajari dulu cara pernapasan yang benar karena sebagian besar teknik bernyanyi bisa bergantung pada cara Anda mengontrol waktu pernapasan.

Anda bisa mulai membiasakan diri dengan menarik nafas yang dalam menggunakan perut, kemudian membuangnya secara perlahan. Ketika bernyanyi nanti, pastikan Anda sempat mengambil nafas sebelum menyanyikan baris yang baru.

Selain teknis bernapas, postur tubuh yang benar juga akan memudahkan dan memaksimalkan fisik Anda saat bernyanyi. Pertama-tama, tegakkan punggung sehingga dapat memudahkan pernapasan.

Usahakan agar tidak tegang ketika hendak bernyanyi dan bukalah langit-langit mulut sehingga aliran udara akan lebih banyak.

Tips selanjutnya, biasakan melakukan pemanasan sebelum bernyanyi. Pemanasan yang baik dapat memudahkan Anda mencapai nada tertentu, serta mengurangi risiko cedera pada tenggorokan.

Pastikan pemanasan Anda mencakup nada rendah dan tinggi, sehingga membantu tenggorokan untuk lebih rileks. Saat melakukan pemanasan, Anda tidak perlu menghasilkan suara yang bagus namun regangkanlah sudut mulut sebesar-besarnya dan latihlah getaran lidah ketika memulai nada tertinggi hingga turun ke nada rendah.

Sebaiknya, kenali karakter vokal Anda untuk membantu Anda memaksimalkan kualitas suara. Pertama-tama, ketahuilah dulu rentang vokal Anda, dan jangan paksakan diri untuk mencapai nada-nada di luar batasan.

Selain itu, latihlah pelafalan ketika bernyanyi. Pelafalan yang baik membantu pendengar mengerti apa yang Anda ucapkan ketika bernyanyi. Penghayatan yang baik juga diperlukan dalam bernyanyi, sehingga pesan dari lagu tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada pendengar.

Terakhir, sempatkan latihan di sela-sela kesibukan Kunci menyanyi yang baik adalah dengan mempraktikkannya setiap hari. Anda bisa bernyanyi dengan lagu favorit, misalnya berkaraoke tanpa suara vokalis asli.

Baca juga: Vicky Shu alami body shaming usai melahirkan

Baca juga: Vicky Shu akui sudah jadi korban perundungan sejak kecil

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar