MotoGP

Morbidelli tercepat di FP3 jelang kualifikasi Grand Prix Teruel

Morbidelli tercepat di FP3 jelang kualifikasi Grand Prix Teruel

Dok - Pebalap Petronas Yamaha SRT Franco Morbidelli beraksi dalam kualifikasi MotoGP di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, pada 10 Oktober 2020. (REUTERS/STEPHANE MAHE)

Jakarta (ANTARA) - Franco Morbidelli menjadi pebalap tercepat di ketiga sesi latihan bebas Grand Prix Teruel ketika sepuluh pebalap teratas dipisahkan jarak hanya 0,382 detik pada Sabtu.

Di sesi FP3 pebalap tim Petronas Yamaha itu mencetak waktu satu menit 47,333 detik untuk menggeser pemuncak FP2 Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda dengan marjin tipis 0,059 detik.

Rekan satu tim Morbidelli, Fabio Quartararo dan pebalap tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales membawa tiga Yamaha di peringkat empat besar.

Baca juga: Nakagami melesat di puncak FP2 MotoGP Teruel

Sementara Alex Marquez, pemuncak FP1, menjaga konsistensinya finis sepuluh besar di peringkat lima.

Semua pebalap hari itu mampu lebih cepat dari catatan waktu mereka di dua sesi latihan pada hari sebelumnya.

Termasuk rookie Iker Lecuona yang menemukan setup yang pas untuk membawa motor KTMnya finis peringkat enam, mengungguli juara GP Aragon pekan lalu Alex Rins dari tim Suzuki Ecstar di peringkat tujuh.

Rekan satu tim Lecuona di KTM Tech 3, Miguel Oliveira finis tak jauh di P8 mengungguli Cal Crutchlow dari tim LCR Honda.

Pemuncak klasemen sementara, Joan Mir nyaris gagal lolos langsung ke Q2 namun catatan waktunya cukup membuatnya bertahan di peringkat sepuluh besar, menghindarkan dirinya dari pertarungan di Q1, sesi pertama kualifikasi.

Baca juga: Tim MotoGP Indonesia juga bakal rintis akademi pebalap
Baca juga: Indonesia bakal punya tim di MotoGP tahun depan, diresmikan 28 Oktober


Sementara itu seluruh pebalap Ducati bakal saling bertarung memperebutkan dua posisi teratas di Q1 terlebih dahulu setelah Jack Miller tergeser ke peringkat 11.

Andrea Dovizioso juga mengalami kendala seperti balapan pekan lalu saat motor Desmosedici melempem di trek Aragon. Pebalap Italia itu finis peringkat 14 setelah tiga sesi latihan sedangkan rekan satu timnya, Danilo Petrucci di peringkat 17.

Valentino Rossi melewatkan balapan kedua di Aragon akhir pekan ini setelah pekan lalu kedapatan positif COVID-19 dan harus menjalani isolasi sedangkan Yamaha tidak menugasi pengganti untuk sang juara dunia sembilan kali.

Stefan Bradl masih meneruskan tugas Honda untuk menggantikan juara bertahan Marc Marquez yang cedera sejak seri pembuka di Jerez.

Baca juga: Alex Marquez tegaskan kecepatannya di FP1 MotoGP Teruel

Sepuluh besar catatan waktu gabungan ketiga sesi latihan GP Teruel
1 F. MORBIDELLI 1:47,333
2 T. NAKAGAMI +0,059
3 F. QUARTARARO +0,068
4 M. VIÑALES +0,140
5 A. MARQUEZ +0,213
6 I. LECUONA +0,215
7 A. RINS +0,221
8 M. OLIVEIRA +0,292
9 C. CRUTCHLOW +0,375
10 J. MIR +0,382

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

MotoGP Mandalika 2021, ini potensi keuntungannya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar