Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Jerman lewat kemenangan 2-1 yang diraih atas Hertha Berlin dalam laga pekan kelima di Stadion Red Bull Arena, Sabtu.

Sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Jhon Cordoba (9'). Leipzig kemudian mampu bangkit dan mengamankan kemenangan melalui gol-gol Dayot Upamecano (11') dan penalti Marcel Sabitzer (77'), demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Leipzig saat ini tetap memuncaki klasemen dengan koleksi 13 poin, unggul satu poin atas Bayern Muenchen yang menang 5-0 atas tamunya Eintracht Frankfurt. Sedangkan Hertha tertahan di posisi ke-15 dengan tiga poin.

Baca juga: Lewandowski ukir trigol saat Bayern menang 5-0 atas Frankfurt

Hertha mengejutkan tuan rumah saat mampu memimpin terlebih dahulu. Dari skema serangan balik, Dodi Lukebakio mengirimkan umpan kepada Cordoba, dan pemain Kolombia itu melakukan penyelesaian sederhana untuk membuka keunggulan.

Skor 0-1 tidak bertahan lama. Beberapa saat kemudian giliran gawang Hertha yang kemasukan. Upamecano memperlihatkan kebolehan olah bolanya di kotak penalti untuk mengecoh dua pemain bertahan, sebelum melepaskan tembakan melewati kiper Alexander Schwolow.

Emil Forsberg hampir membawa Leipzig memimpin pada pertengahan babak pertama, namun Schwolow masih mampu menggagalkan sepakannya. Peluang berikutnya dari Forsberg juga hanya berujung pada sepakan melebar.

Baca juga: Pemain Werder sukarela karantina setelah rekan setim positif Covid

Setelah menit ke-50 Hertha harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Deyovaisio Zeefuik mendapatkan kartu kuning kedua.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan Leipzig untuk tampil lebih menekan. Mereka kemudian diberi hadiah penalti saat Cordoba melanggar Willi Orban di kotak terlarang. Sabitzer yang menjadi eksekutor penalti sukses menjalankan tugasnya untuk mencetak gol ketiga Leipzig.


Gladbach kembali ke jalur kemenangan

Sementara itu dalam laga lain di OPEL Arena, Borussia Moenchengladbach kembali ke jalur kemenangan setelah memukul tuan rumah Mainz 05 dengan skor 3-2.

Lars Stindl mengemas gol pembukaan untuk Gladbach pada menit ke-15. Tim juru kunci Mainz 05 mampu mengejar dan membalikkan keadaan berkat gol-gol Jean-Philippe Mateta pada menit ke-23 dan 36.

Namun Mainz tidak mampu mempertahankan keunggulan, dan bahkan tidak mampu mengamankan poin perdananya musim ini. Gladbach menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui penalti Jonas Hofmann, sebelum gol Mathias Ginter mengamankan tiga poin bagi tim tamu.

Baca juga: Stuttgart ditahan imbang 1-1 oleh tim papan bawah Cologne

Situasi berbeda dialami Union Berlin dan Freiburg yang harus mencatatkan hasil imbang untuk kedua kalinya secara beruntun, setelah pertemuan kedua tim itu berakhir dengan skor 1-1.

Freiburg unggul terlebih dahulu melalui gol Vincenzo Grifo pada menit ke-34, namun tidak lama kemudian Robert Andrich mampu menyamakan kedudukan untuk tuan rumah melalui golnya pada menit ke-36.

Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Leipzig teratas, Bayern-Dortmund tempel ketat

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020